EQUITYWORLD FUTURES – Emas melemah untuk ketiga kalinya dalam empat hari di tengah mencuatnya kembali kecemasan atas hasil referendum Brexit, dengan jajak pendapat terpisah menunjukkan keunggulan untuk kedua kubu.

87Bullion untuk pengiriman segera turun 0,5 persen ke level $ 1,282.95 per ounce dan diperdagangkan di level $ 1,284.28 pada pukul 2:35 siang waktu Singapura, menurut harga publik Bloomberg. Logam kuning ini jatuh 1,6 persen pada hari Senin yang merupakan penurunan intraday terbesar dalam sebulan, menyusul taruhan investor pada referendum mengurangi permintaan haven.

Emas naik 21 persen tahun ini seiring ketidakpastian di pasar keuangan global membuat investor beralih ke aset haven. Logam kuning ini sangat berkorelasi dengan harapan hasil referendum Inggris pada keanggotaan Uni Eropa, dengan probabilitas yang lebih besar untuk Inggris  bertahan di Uni Eropa memberikan dampak negatif untuk bullion. Survey selama akhir pekan menunjukkan kubu “Bertahan” memimpin tiga poin, sedangkan survey terbaru YouGov / Times, jajak pendapat menunjukkan kubu œBertahan memperoleh suara 42 persen, di belakang kubu “Keluar” sebesar 44 persen.