PT.EQUITYWORLD FUTURES Harga emas bertahan ke kenaikan sesi terakhir pada awal hari Senin, memperpanjang reli dari terendah 17 bulan, karena dolar AS diperdagangkan sangat stabil.

FUNDAMENTAL

* Spot emas naik 0,1 persen pada $ 1,214.76 per ons pada 0056 GMT, membangun kenaikan 0,5 persen pada hari Jumat. Logam juga mencapai titik terendah sejak Maret 2017 di $ 1,204 per ounce di sesi sebelumnya.

* Emas berjangka AS sedikit berubah pada $ 1,223.4 per ounce.

* Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, naik 0,1 persen pada 95,243.

* Pertumbuhan pekerjaan AS melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan Juli karena pekerjaan di sektor transportasi dan utilitas turun, tetapi penurunan tingkat pengangguran menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja terus mengencang.

* Cina mengusulkan tarif pembalasan atas barang-barang AS senilai 60 miliar dolar AS mulai dari gas alam cair (LNG) ke beberapa pesawat pada Jumat, ketika seorang diplomat senior Cina meragukan prospek pembicaraan dengan Washington untuk menyelesaikan konflik perdagangan sengit mereka.

* Bank sentral China mengatakan akan mengharuskan bank untuk menyimpan cadangan yang setara dengan 20 persen dari posisi valuta asing klien mereka dari Senin, sebagai langkah untuk menstabilkan mata uang yuan.

* Korea Utara dan Amerika Serikat pada hari Sabtu berdebat mengenai kesepakatan yang dicapai pada pertemuan puncak bulan Juni bagi negara Asia untuk mengakhiri program nuklirnya, ketika Washington menyerukan untuk mempertahankan tekanan sanksi terhadap Pyongyang, yang pada gilirannya mengatakan khawatir dengan niat AS. .

* Gubernur Bank of England Mark Carney mengatakan pada hari Jumat Inggris menghadapi risiko “tidak tinggi” meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan, komentar yang mendorong sterling ke level terendah 11-hari terhadap dolar.

* Aktivitas bisnis di zona euro kehilangan beberapa momentum pada awal kuartal ketiga, terhambat oleh penurunan pesanan baru yang melemahkan optimisme di sektor swasta, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat.

* Myanmar dapat mengekspor sebanyak 20 ton emas pada 2019 setelah negara Asia Tenggara awal tahun ini mengizinkan ekspor logam mulia untuk pertama kalinya dalam lima dekade, kata seorang pejabat industri senior pada Sabtu.

* SPDR Gold Trust, dana exchange-traded terbesar yang didukung emas di dunia, mengatakan kepemilikannya turun 0,26 persen menjadi 794,90 ton pada Jumat dari 796,96 ton pada Kamis.

* Hedge fund dan pengelola uang meningkatkan posisi bearish mereka dalam kontrak emas COMEX ke rekor lain dalam seminggu hingga 31 Juli, data Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) menunjukkan pada hari Jumat.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang