PT.EQUITYWORLD FUTURES Satu minggu lagi, rekor lain dalam posisi pendek spekulatif dalam emas. Meskipun analis terus menyoroti meningkatnya risiko rally singkat di pasar emas, manajer dana terus menumpuk di sisi pendek, menurut angka perdagangan terbaru dari Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

Penempatan net-short pasar emas meningkat selama lima minggu berturut-turut.

Laporan Komitmen Pedagang CFTC yang terpecah, untuk pekan yang berakhir 31 Juli, menunjukkan bahwa manajer uang meningkatkan posisi bruto spekulatif mereka di emas berjangka Comex dengan hanya 331 kontrak menjadi 110.580. Pada saat yang sama, taruhan pendek naik 6.437 kontrak menjadi 153.108. Posisi net-short Gold saat ini berada pada 42.528 kontrak, naik hampir 17% dari minggu sebelumnya.

Selama periode survei, harga emas relatif stabil; Namun, banyak analis memperkirakan sentimen negatif di pasar emas untuk terus tumbuh karena harga telah jatuh ke level terendah 12 bulan.

“Sekarang di 42.500 kontrak, mereka kemungkinan telah diperluas lebih jauh sementara itu mengingat bahwa harga emas terus turun sejak tanggal pelaporan. Harga emas tidak mungkin untuk pulih dalam mode serius selama angin sakal terus dari sisi ini, ”kata analis komoditas di Commerzbank.

Namun, analis di bank Jerman tetap optimis bahwa hanya masalah waktu sebelum kekayaan emas berbalik.

“Jika cakupan posisi pendek yang luas akan terjadi, kami percaya ini akan berfungsi sebagai batu loncatan untuk harga emas. Kami membayangkan harga emas secara signifikan lebih tinggi pada akhir tahun, ”kata mereka.

Analis komoditas di TD Securities mengatakan bahwa ada risiko kelemahan lebih lanjut karena Indeks Dolar AS telah berhasil mendorong di atas level resisten kritis pada 95 poin. Namun, mereka juga tetap optimis bahwa emas dapat menarik minat beli pada level rendah saat ini.

“Dengan PBoC meningkatkan persyaratan cadangan untuk FX ke depan dan data pekerjaan AS mengecewakan, logam mulia harus menemukan beberapa dukungan dan mulai tren yang lebih tinggi,” kata para analis. “Penutup pendek sederhana harus menjadi driver emas terbalik kunci, asalkan dolar tidak membuat tertinggi baru.”

Namun, tidak semua analis optimis bahwa tekanan jual emas akan berakhir dalam waktu dekat. Dalam wawancara baru-baru ini dengan Kitco News, David Madden, analis pasar di CMC Markets, mengatakan bahwa emas terjebak dalam pola turun klasik. Meskipun trennya mungkin sedikit melambat, ia tidak melihatnya berakhir.

Dia menambahkan bahwa membakar lambat lebih rendah akhirnya bisa mendorong harga emas di bawah $ 1.200 per ounce.

“Jika Anda melakukan perputaran emas dalam jangka pendek, maka Anda panjang dan tidak akan mengakui bahwa Anda berada di sisi yang salah dari perdagangan,” katanya.

Namun, itu tidak semua malapetaka dan kesuraman di ruang logam mulia karena pasar perak telah menarik beberapa pembeli. Data CFTC terbaru menunjukkan bahwa perak melihat pembeli bersih pada minggu ini, mengakhiri enam minggu penjualan berturut-turut.

Laporan terpilah menunjukkan posisi bruto spekulatif uang-dikelola di perak berjangka Comex naik oleh 3.668 kontrak ke 68.210. Pada saat yang sama, posisi sell turun 1.024 kontrak menjadi 76.152. Posisi net-short Silver turun menjadi 7.942 kontrak.

Saat berdagang di dekat bagian bawah saluran perdagangan jangka panjang mereka, harga perak relatif stabil. Pasar telah memegang dukungan kritis di atas $ 15 per ounce.

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang