Tanggal 8 April 2014 telah berlalu, artinya para pengguna Windows XP pun kini tak bisa mendapatkan update secara berkala dari Microsoft. Hal ini pun telah menimbulkan banyak reaksi negatif dari para pengguna Windows XP di dunia. Namun sebuah survei yang dilakukan oleh Avast mengungkapkan kalau terdapat cukup banyak pengguna Windows XP yang tidak mengetahui adanya pemutusan dukungan berupa update secara berkala oleh Microsoft.

Dalam survei yang mereka lakukan, Avast menemukan bahwa terdapat 21 persen pengguna Windows XP yang tak tahu kalau 8 April 2014 adalah hari terakhir pemberian update oleh Microsoft untuk Windows XP. Selain itu, terdapat pula sebanyak 27 persen pengguna Windows XP yang mengaku tahu tentang informasi tersebut. Namun mereka memilih untuk tidak melakukan apapun dan tetap menggunakan Windows XP.

Selanjutnya, dalam survei ini pun Avast menyarankan kepada para pengguna Windows XP untuk mengupdate aplikasi terbaru miliknya. Update Avast terbaru tersebut telah didesain secara khusus untuk berjalan pada perangkat Windows XP. Selain itu, Avast juga menyarankan agar para pengguna Windows XP tidak memakai browser Internet Explorer untuk berselancar di internet.