Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Palabuhan Tanjung Perak, Surabaya baru saja diresmikan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Kini, para penumpang yang ada di Pelabuhan tersebut bakal merasakan pelayanan seeta atmosfer selayaknya tengah berada di Bandara.

Akibat perombakan tersebut, kini kapasitas penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak pun bertambah hingga dua kali lipat.

“Saya senang akhirnya ada terminal yang katakanlah untuk kelas menengah kebawah, tapi nyaman,” ungkap Dahlan dalam sambutannya di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/10).

“Keramiknya lebar-lebar, alat-alatnya dari stainles sehingga memudahkan untuk dibersihkan dan tidak gampang menyimpan kotoran,” tambahnya.

Adanya terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak tersebut, lanjut Dahlan, sekaligus untuk mematahkan anggapan bahwa terminal yanh bagus hanya untuk kalangan menengah atas saja.

“Jadi bisa bagaimana menengah kebawah diajari dan diberikan terminal bagus yang selama ini hanya milik menengah ke atas,” ungkapnya.

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan kapasitas pelabuhan tersebut bertambah menjadi 4 ribu penumpang dari sebelumnya 2 ribu penumpang.