Apakah Anda termasuk orang yang suka kebingungan saat berkomunikasi dengan orang asing lewat Skype?

Tak usah khawatir lagi, sebab Microsoft segera meluncurkan Skype baru yang memungkinkan kita berbicara langsung dengan orang asing dengan ‘lancar’.

Jika di sektor translation atau alih bahasa tulis kita sudah mengenal Google dan Bing Translate, maka kini Microsoft telah menciptakan Skype yang memiliki fitur alih bahasa yang dapat mengartikan bahasa lawan bicara secara real-time atau langsung saat itu juga.

Walaupun masih dalam tahap beta, Skype baru ini sudah cukup membuat penonton Code Conference di California kemarin terkagum-kagum. Skype ini memang telah diintegrasikan dengan teknologi IM dan Translator milik Microsoft dan menggunakan Speech-recognition berbasiskan internet.

Tak tanggung-tanggung, aplikasi video call besutan Microsoft ini mampu menerjemahkan 40 bahasa layaknya Bing Translate.

Lewat demonstrasi kemarin, dua orang perwakilan tim Skype berbicara dengan dua bahasa, Inggris dan Jerman. Dalam video call ‘live’ lewat Skype tersebut, terlihat kalimat-kalimat dalam bahasa Jerman ditulis ulang dilayar dan dilengkapi dengan arti dalam bahasa Inggris tepat di bawahnya.

Bahkan pengguna juga bisa mendengar komputer melafalkan terjemahannya secara langsung. Tapi untuk mendapatkan hasil terjemahan yang maksimal, pengguna harus menunggu hingga pengguna lain selesai berbicara terlebih dahulu.

Kelemahan lainnya adalah hasil terjemahannya mungkin tidak terlalu sesuai dengan konteks pembicaraan yang sedang terjadi, Ubergizmo (27/5). Tapi ini sudah dirasa cukup untuk mendapatkan ‘maksud’ dari pembicaraan tersebut.

Skype beta ini sendiri masih akan diberikan pada Windows 8 dan ditujukan untuk seluruh pengguna aktif Skype yang mencapai 300 juta orang. Jutaan user Skype tersebut kabarnya bisa menghabiskan hingga 2 miliar menit untuk melakukan percakapan tiap harinya, Technet (27/5).