Hewan satu ini memang sangat dibenci oleh manusia pada umumnya, karena selain suaranya yang bising dan mengganggu telinga, beberapa nyamuk dapat mengakibatkan masalah serius ketika menggigit manusia.

Oleh karenanya, dari bertahun-tahun lalu sampai sekarang, berbagai upaya mulai dengan yang bersifat alami sampai dengan yang menggunakan bahan kimia juga memakai perangkat elektronik khusus diciptakan untuk mengusir nyamuk.

Namun dari kesemua cara tersebut, sebenarnya ada cara-cara alami yang dapat digunakan untuk dapat mengusir nyamuk dan bahannya dapat ditemui dengan mudah di sekitar kita.

Berikut beberapa cara alami, mudah dan praktis untuk dipakai sebagai pengusir nyamuk, berdasarkan lansiran dari Accenditialgreen.com.

1. Kemangi

Memang tidak banyak orang yang menyukai masakan yang menggunakan kemangi, namun selain sehat untuk tubuh karena ada kandungan vitamin di dalamnya, tanaman kemangi ternyata juga ampuh untuk dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Tanaman herbal ini memiliki kandungan senyawa yang alami dan baunya sangat menyengat bagi nyamuk.

2. Serai

Serai tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk penambah aroma pada makanan atau juga terkadang digunakan untuk bahan aroma terapi, tanaman satu ini juga merupakan salah satu pengusir nyamuk yang efektif. Cara menggunakannya yaitu dengan menanam tanaman serai di sekitar rumah atau juga menggunakan ekstrak daun serai yang sudah menjadi minyak dan dipercik-percikkan di beberapa tempat yang ditengarai sebagai sarang nyamuk.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Selain disarankan untuk menjadikannya sebagai hidangan, Anda juga dapat menggunakan parutan bawang putih dengan mengoleskannya ke kulit.

4. Krisan

Selain merupakan bunga yang baunya tidak disukai nyamuk, krisan juga berfungsi sebagai pengusir serangga-serangga lainnya. Coba untuk menanam krisan di sekitar rumah atau juga menempatkannya di sudut-sudut ruangan, maka nyamuk akan pergi dengan sendirinya.

5. Kulit Jeruk

Walaupun tidak 100 persen ampuh untuk mengusir nyamuk, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan kulit jeruk sebagai bahan pengusir nyamuk. Ada senyawa khusus yang tingkatnya rendah dan baunya tidak disukai oleh serangga satu itu.