EQUITYWORLD FUTURES – Majalah Forbes baru saja melansir daftar 50 orang terkaya Indonesia untuk 2014. Dalam data terbaru terdapat beberapa fakta menarik tentang pergerakan orang kaya Indonesia. Sebut saja, Susilo Wonowidjojo yang merupakan pengusaha rokok PT Gudang Garam yang naik peringkat menjadi orang nomor dua terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai USD 8 miliar. Padahal, November tahun lalu Susilo menempati peringkat 4 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan hanya USD 5,3 miliar.

Analis Forbes, Abram Brown, menyatakan Susilo kali ini berhasil bangkit setelah panen tembakau jelek tahun lalu, sahamnya sempat anjlok sehingga sang taipan rugi USD 2 miliar. Saat ini dia disebut beruntung karena kembali berhasil dan masuk di urutan kedua orang terkaya Indonesia.

Posisi kekayaan Susilo berhasil menyalip kekayaan Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pengusaha sawit sekaligus pemilik Sinarmas Group. Eka saat ini menduduki peringkat 4 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan hanya USD 5,8 miliar. Padahal, November lalu Eka menempati urutan kedua orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai USD 7 miliar.

Berikut daftar lengkap 10 orang terkaya Indonesia tahun ini versi Forbes:

Robert Budi & Michael Hartono (USD 16,5 miliar)

Susilo Wonowidjojo (USD 8 miliar)

Anthoni Salim (USD 5,9 miliar)

Eka Tjipta (USD 5,8 miliar)

Sri Prakash Lohia (USD 4,4 miliar)

Chairul Tanjung (USD 4,3 miliar)

Boenjamin Setiawan (USD 3,5 miliar)

Mochtar Riady (USD 2,7 miliar)

Peter Sondakh (USD 2,3 miliar)

Sukanto Tanoto USD 2,1 miliar)

Dari data tersebut, masih banyak terdapat fakta menarik terkait pergerakan harta orang kaya di Indonesia. Berikut 5 fakta menarik orang kaya Indonesia 2014.

1. Duet Budi dan Michael Hartono masih jadi orang terkaya

Duo bersaudara pemilik Djarum Robert Budi dan Michael Hartono masih menjadi orang terkaya di Tanah Air dengan total kekayaan mencapai USD 16,5 miliar. Total harta mereka ini naik jika dibandingkan November tahun lalu yang hanya USD 5 miliar.

Dengan melihat data ini, Kedua taipan yang menguasai pula BCA sampai KasKus itu berarti sudah enam tahun berturut-turut menjadi pengusaha paling tajir di Indonesia.

Forbes menyebut, terus bertambahnya kekayaan bersaudara ini berkat harga saham BCA yang terus membaik. Saham BCA naik mencapai 50 persen karena berhasil mengantisipasi pelemahan ekonomi tahun ini. Selain itu, naiknya kekayaan mereka karena pernikahan putra tertua Budi Santoso dengan Amelia yang merupakan putri Benny Setiawan Santoso.

2. Chairul Tanjung terlempar dari 5 besar orang terkaya

Dalam data terbaru, peringkat Chairul Tanjung merosot dan keluar dari lingkaran 5 besar orang terkaya di Indonesia. CT yang merupakan mantan Menko Perekonomian sekaligus pemilik konglomerasi CT Corp ini ditempatkan diurutan ke-6 orang terkaya di Indonesia. Padahal tahun sebelumnya CT selalu berada di lingkaran 5 besar orang terkaya Indonesia, bahkan pernah menduduki peringkat ke-3 orang terkaya.

Meski peringkat kekayaan CT menurun, total harta yang berhasil dikumpulkannya tercatat naik. Pada November 2013 silam, harta CT tercatat menembus USD 4 miliar atau sekitar Rp 49 triliun. Kini, harta CT tercatat naik menjadi USD 4,3 miliar atau setara dengan Rp 51 triliun.

Saat ini CT terus mengembangkan sayap bisnisnya dengan meluncurkan CNN Indonesia pada Oktober lalu. Padahal CT sudah menguasai dua gelombang TV nasional teratas yaitu TransTv dan Trans7. Kerajaan bisnis CT juga masih terus berkembang baik sebagai pemilik saham Bank Mega.

3. Posisi Hary Tanoe terus merosot

Bisnis yang dijalankan Hary Tanoesoedibjo tidak mampu mendongkrak harta kekayaannya sepanjang 2014. Dari daftar 50 orang terkaya Indonesia 2014 versi Forbes, harta kekayaan HT sapaan akrabnya tercatat hanya USD 1,4 miliar.

Angka ini naik tipis dari angka kekayaan awal tahun yaitu USD 1,2 miliar. Peningkatan harta kekayaannya tidak berbanding lurus dengan peningkatan peringkatnya di daftar orang terkaya Indonesia. Peringkat bos MNC grup ini justru melorot dari posisi sebelumnya.

Hary Tanoe saat ini menempati peringkat 24 orang terkaya di Indonesia. Padahal sebelumnya Hary Tanoe tercatat sebagai orang terkaya ke-17 di Indonesia. Saat ini, peringkat Hary Tanoe berada di bawah Husodo Angkosubroto yang mencatatkan kekayaannya mencapai USD 1,5 miliar. Hary Tanoe juga masih di bawah Ciliandra Fangiono dan Ciputra dengan kekayaan masing masing USD 1,5 miliar.

4. Posisi Rusdi Kirana kian meroket

Merdeka.com – Harta kekayaan bos maskapai penerbangan Lion Air, Kusnan dan Rusdi Kirana terus meroket. Data dilansir Forbes per Desember 2014, total harta pemilik maskapai berlambang singa ini mencapai USD 1,7 miliar. Angka ini naik dari total harta tahun lalu yang hanya USD 1 miliar.

Bertambahnya harta kekayaan Rusdi sejalan dengan kenaikan peringkat di daftar orang terkaya Indonesia 2014 versi Forbes. Rusdi saat ini menempati posisi 16 orang terkaya di Indonesia. Posisi ini meroket dari tahun lalu yakni di peringkat 29 orang terkaya di Indonesia.

Pada 2012, Rusdi menempati posisi 33 dalam daftar orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan hanya USD 900 juta. Kini, kekayaan Rusdi bahkan mengalahkan taipan media, Hary Tanoesoedibjo. Harta Hary Tanoe saat ini tercatat hanya USD 1,4 miliar. Angka ini naik tipis dari angka kekayaan awal tahun yaitu USD 1,2 miliar.

Naiknya harta kekayaan Rusdi berkat maskapai penerbangan Lion Air yang sukses terbang tinggi. Rusdi menjadi pelopor penerbangan murah atau low cost carrier. Berkat idenya tersebut, orang bisa menikmati transportasi udara dengan biaya murah.

Bisnis penerbangan Rusdi Kirana diprediksi masih akan terus cemerlang ke depannya. Bahkan Forbes menyebut Rusdi telah menyiapkan dana USD 400 juta untuk mengambil alih dan memperbesar Bandara Halim Perdanakusuma dan menjadi kompetitor Bandara Soekarno Hatta.

5. Kartini Muljadi jadi wanita terkaya di Indonesia

Dalam data orang kaya Indonesia 2014 yang baru saja dilansir Forbes, terselip nama Kartini Muljadi yang menjadi satu satunya wanita masuk jajaran orang terkaya di Indonesia.

Tahun 2014 ini, Kartini menempati peringkat 29 orang terkaya di Indonesia dengan total hartanya mencapai USD 1,1 miliar. Peringkat kekayaan Kartini sebenarnya menurun dibandingkan tahun lalu yang bercokol di urutan 19 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai USD 1,4 miliar.

Forbes menyebut Kartini Muljadi adalah wanita terkaya di Indonesia. Kartini yang sebelumnya berprofesi sebagai Hakim pada akhir tahun 1950-an ini memperoleh kekayaannya dari industri farmasi atau obat obatan. Kini perusahaan yang dikenal sebagai pemilik merek Bodrex dan Hemaviton ini dijalankan oleh anak kartini, Handojo Slamet Muljadi.