Tea tree oil adalah salah satu jenis dari minyak esensial yang berasal dari tanaman bernama ilmiah Melaleuca alternifolia. Tanaman yang akan zat antibakteri dan antiseptik ini banyak tumbuh di daratan Australia dan Selandia Baru yang telah berabad-abad digunakan sebagai obat herbal.

Tea tree oil atau minyak tea tree memiliki warna kekuningan dan berbau seperti pala. Berikut adalah manfaat utama minyak tea tree untuk kesehatan seperti dilansir dari healthmeup.com.

Menyembuhkan jerawat
Anda dapat mengoleskan minyak tea tree di kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Sebab minyak ini bertindak sebagai bahan alternatif alami untuk benzoil peroksida yang mampu membersihkan kulit.

Menguatkan kuku
Mengoleskan minyak tea tree juga dapat memperkuat kuku yang lemah dan rapuh. Caranya adalah dengan merendam kuku Anda dalam air yang sebelumnya sudah ditetesi minyak tea tree ke dalamnya. Minyak ini juga dapat mencegah kuku kusam.

Mengurangi jamur
Kuku Anda juga dapat ditumbuhi jamur. Sehingga untuk mencegah hal tersebut, oleskan minyak tea tree di kuku untuk mencegah timbulnya jamur.

Menghilangkan kutu
Rambut Anda berkutu? Anda sudah mencoba beragam cara untuk mengobatinya namun tidak kunjung hilang? Cobalah untuk mencampur sampo Anda dengan minyak tea tree. Saat keramas seperti biasanya, diamkan terlebih dahulu selama 5-10 menit. Minyak ini ampuh untuk menghilangkan kutu.

Mengobati radang tenggorokan
Menghirup uap panas yang dicampur dengan minyak tea tree bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan dan hidung tersumbat. Sebab minyak ini efektif untuk membersihkan lendir dan infeksi.

Beragam bahan alami di sekitar Anda bisa Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit. Salah satunya adalah tea tree oil. Tertarik untuk mencobanya?