Selain bawang putih, bawang merah adalah bumbu dapur yang tidak dapat dipisahkan dari masakan Indonesia. Tak hanya menambah rasa masakan, bawang merah nyatanya juga memiliki manfaat kesehatan sama halnya dengan bawang putih.

Bawang merah kaya akan vitamin B6, vitamin C, dan kromium. Bawang merah juga rendah akan kalori serta glikemik indeks. Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah manfaat kesehatan di balik bawang merah.

Mencegah kanker
Bawang merah mengandung quercetin, zat antioksidan yang efektif untuk memerangi radikal bebas. Zat ini diyakini dapat mengurangi risiko kanker perut hingga 50%.

Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Selain mencegah kanker, quercetin mampu melawan bakteri dan jamur penyebab peradangan. Sehingga mengonsumsi bawang merah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Mencegah diabetes
Zat mineral yang ada di dalam bawang merah seperti kromium efektif untuk mengurangi risiko resistensi insulin. Hal ini bermanfaat untuk mengontrol gula darah penyebab diabetes.

Menguatkan jantung
Mineral yang sama yaitu kromium juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung yang bisa menjadi komplikasi diabetes.

Menurunkan berat badan
Jika Anda sedang berada dalam program penurunan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah. Kurangnya kromium dalam tubuh membuat Anda sulit untuk menurunkan berat badan.