EQUITYWORLD FUTURES – Perangkat laptop 2-in-1 yang mampu berubah dari laptop menjadi tablet bakal digandrungi di masa depan. Itulah prediksi Acer, vendor komputer yang belakangan gencar merilis produk dari kategori tersebut.

Pabrikan asal Taiwan ini pun mengklaim telah menguasai pasaran laptop 2-in-1 di Indonesia dengan pangsa pasar terbesar.

“Untuk laptop 2-in-1, market share kami di Indonesia mencapai 80 persen. Itu menurut data (firma riset pasar) IDC untuk kuartal pertama 2016,” ujar Head of Consumer Product, Product Marketing Development Acer Indonesia, Dianah, di sela-sela sesi hands-on laptop Acer Switch Alpha 12 di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

EQUITYWORLD FUTURES : Ketika ditanya lebih lanjut, dia enggan merinci berapa persisnya volume penjualan perangkat laptop 2-in-1 Acer di Indonesia.

Menurut Dianah, kunci kesuksesan Acer terletak pada penyediaan perangkat 2-in-1 di berbagai segmen harga untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.

Acer menawarkan laptop 2-in-1 mulai kelas budget seperti seri Acer One 10 hingga kelas premium seperti Switch Alpha 12 dengan banderol harga Rp 20 jutaan yang dipamerkan dalam kesempatan di hari itu.

Ke depan, Dianah mengatakan Acer akan fokus mendorong penjualan laptop 2-in-1 di Indonesia. Selain itu, vendor tersebut memiliki andalan lain berupa komputer dan laptop gaming dari seri Predator.

“Kami sudah buka toko khusus Predator di Mall Mangga Dua. Tapi komputer gaming itu segmennya niche sehingga tidak Apple-to-Applejika dibandingkan penjualannya dengan produk lain,” pungkas Dianah. – Equity world Futures