EQUITYWORLD FUTURES – Penampilan Basuki Tjahaja Purnama terlihat berbeda di beberapa acara yang dihadirinya tiap akhir pekan. Tidak ada jam tangan aluminium silver bermerek Tag Heuer yang biasa melingkar di pergelangan tangan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jam tangan yang digunakan pria yang karib disapa Ahok itu terlihat lebih sporty dan bergaya khas anak muda.  Usut punya usut, ternyata jam tangan bermerek Apple Watch itu merupakan hadiah sang anak padanya ketika berulang tahun ke-49 pada 29 Juli 2015 lalu.

“Anak aku beli hadiah. Dia beli di London,” kata Basuki, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Perangkat jam tangan pintar yang dirilis Selasa (9/9/2014) lalu Cupertino, California, Amerika Serikat itu, memiliki teknologi yang cukup impresif.

Basuki mengaku senang menggunakan jam tangan ini ketika berolahraga dan tampil di acara-acara santai. Jam barunya ini, kata dia, sangat berfungsi ketika dia bersepeda maupun jogging.

“Jamnya bagus buat olahraga aja. Kalau saya naik sepeda, jamnya bisa buat ukur jantung,” kata Basuki.

Dikutip dari Kompas Tekno, Apple Watch memberi varian fitur teknologi yang bisa disinkronkan dengan i-Phone dan fitur sport buat yang hobi berolahraga. Untuk aplikasi bersepeda dan berlari, jam ini sudah menanamkan Activity dan Workout. Aplikasi Activity berguna untuk memantau aktivitas fisik sehari-hari secara umum seperti halnya Nike FuelBand, Jawbone UP, maupun Fitbit Flex.

“Kalau dirupiahin, sekitar Rp 6 juta kalau dihitung-hitung,” kata Basuki seraya tersenyum.

Pakai Tag Heuer, Ahok Keras Meledak-ledak

Sebelum memiliki Apple Watch, Basuki mengaku hanya memiliki sebuah jam tangan bermerek Tag Heuer. Jam tangan ini digunakannya ketika mengikuti acara formal serta beraktivitas sehari-hari sebagai Gubernur DKI.

Jam tangan yang juga digunakan pesepakbola asal Portugal Cristiano Ronaldo itu dibelinya di Changi International Airport, Singapura, seharga Rp 20 juta. Arloji spesial itu juga menjadi saksi bisu saat ia dilantik menjadi Wakil Gubernur pada Pilkada DKI 2012 dan dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Gubernur DKI di Istana Kepresidenan, 19 November lalu.

Pengamat sekaligus kolektor jam tangan mewah, Amos Alik Wahyudi, mengungkapkan, jam tangan Tag Heuer itu sesuai dengan karakter Basuki yang keras dan kerap bicara meledak-ledak. “Soalnya jam tangan merek Tag Heuer menonjolkan unsur sporty,” kata Lilik.