EQUITYWORLD FUTURES – Akhir pekan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menampilkan replika patung atau standing figure Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di acara Wisata Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Selatan, Jakarta Pusat. Kepala Biro Umum DKI Agustino Dharmawan mengatakan, pengadaan standing figure ini merupakan permintaan langsung dari Basuki.

“Kami tampilkan replika patungnya Pak Gubernur supaya warga bisa berfoto bersama sanak keluarga di patung itu,” kata Agustino, di Balai Kota, Minggu (27/9/2015).

Kehadiran replika patung orang nomor satu di DKI itu juga untuk memenuhi permintaan pengunjung yang tak bisa bertemu langsung dengan Ahok, sapaan Basuki. Ia berharap, kehadiran hiburan baru itu dapat mendongkrak jumlah pengunjung Wisata Balai Kota.

Hingga kini, klaim dia, pengunjung Wisata Balai Kota telah mencapai 8 ribu orang sejak dibuka pada 12 September 2015 lalu. “Pengunjung masih antusias kok berwisata ke Wisata Balai Kota,” kata Agustino.

Sebelumnya, pada peresmian Wisata Balai Kota, Ahok menyarankan agar Gubernur DKI dibuat standing figure-nya. Sebab, banyak warga yang ingin berfoto bersama Gubernur serta mantan Gubernur DKI. Selain itu, Ahok mengaku juga tidak setiap hari bisa mengunjungi Balai Kota.

“Tadi ada yang mau usul agar bisa foto sama gubernur terus. Masa aku mesti berdiri terus. Kalau begitu bikinin aja patung kayak saya tingginya sama,” kata Ahok.

Selain replika dirinya, Ahok juga menyarankan standing figure lain juga dibuat, seperti Joko Widodo, Fauzi Bowo, Sutiyoso, Ali Sadikin, Henk Ngantung, dan Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat.