EQUITYWORLD FUTURES – Sebelum pesawat mendarat, langkah yang dilakukan oleh seorang pilot adalah menurunkan semua roda. Fungsi tiga titik ban adalah menopang bobot seluruh bodi pesawat ketika di darat, atau mendarat. Lantas apa jadinya di saat pesawat hendak mendarat, salah satu ban gagal terbuka? Malapetaka!


Seperti yang terjadi di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), ada pesawat berukuran besar mengalami kerusakan pada bagian ban depan. Bukan tidak mau keluar, tapi rodanya patah. Dalam kondisi seperti itu, pesawat tidak mungkin bisa mendarat dengan ideal. Jika dipaksakan maka justru akan membahayakan seluruh penumpang dan awak kabin pesawat.

Saat semua orang yang ada di bandara panik, tiba-tiba muncul kendaraan pikap kabin ganda berkelir merah melaju kencang ke landasan pacu. Mobil tersebut lantas memotong laju pesawat sampai tiba tepat di bawah hidung pesawat. Posisi yang sengaja dikejar guna menopang ban depan yang gagal keluar.

Sampai akhirnya hidung pesawat turun dan ditopang sang pikap sehingga pendaratan darurat berlangsung selamat. Tidak ads korban yang terluka pada peristiwa ini. Termasuk sang mekanik hanggar yang mengemudikan pikap berkelir merah itu.

Sontak, setelah pikap itu berhasil menyelamatkan pesawat saat mendarat, seluruh orang yang ada di bandara menyaksikan aksi heroik ini memberikan tepuk tangan. Berkat aksi nekat ini ratusan manusia yang ada di pesawat terselamatkan.

Kejadian tersebut ternyata bukan kisah nyata, melainkan iklan televisi salah satu produsen otomotif asal Jepang, Nissan. Iklan pikap kabin ganda Nissan Frontier ini dibuat oleh salah satu lembaga yang berbasis di Los Angeles, AS pada 4 Oktober 2011 silam.