Badan Penelitian Pertahanan milik Amerika Serikat (DARPA) tak henti-hentinya menelurkan inovasi unik. Setelah misil berisi besi cair dan kapal selam yang bisa terbang, kini mereka tengah memunculkan ide tentang sebuah pelindung otomatis dalam bentuk kaleng minuman soda.

DARPA sebagai pencetus ide aneh tersebut berharap bisa segera membuat sebuah pelindung layaknya benteng mini yang bisa dimasukkan pada sebuah kaleng metal agar lebih efisien ketika digunakan dalam pertempuran.

Alat yang disebut BlockADE itu akan dirancang supaya bisa mengembang dengan sendirinya setelah tombol pada kaleng ditekan dan membentuk sebuah tembok penghalang. Untuk tahap awal, tembok penghalang itu minimal diharapkan bisa menghambat serangan atau gerakan dari musuh, The Verge (21/6).

Hebatnya, DARPA mengaku jika mereka bisa membuat BlockADE yang tahan terhadap serangan dari rudal-rudal balistik, termasuk peluru dan roket, yang ditembakkan dari jarak tertentu.

Nantinya BlockADE juga akan dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah benteng mini tembus pandang nan kokoh di mana para tentara bisa tinggal dan mengawasi teritori yang tengah dijaganya.

Ide dari pelindung otomatis berbentuk kaleng ini sebelumnya telah digunakan oleh karakter dalam game Halo 3 dengan nama buble shield atau gelembung pelindung. Lebih lanjut DARPA menambahkan jika BlockADE nantinya bisa digunakan untuk sarana evakuasi saat terjadi bencana, seperti tornado yang diketahui banyak menyerang kawasan Amerika.