Anjing memang terkenal sebagai hewan yang pintar dan dapat dilatih. Bahkan sekarang sebuah sekolah pelatihan anjing membuka kelas baru, khusus untuk mempelajari perangkat mobile.

Gadget yang dimaksud adalah tablet. Perangkat jenis ini dipilih karena lebih mudah digunakan serta memiliki layar lebar. Sang pelatih sekolah anjing yang terletak di New York, Amerika Serikat, ini mengungkapkan rahasia dibalik keberhasilan pelatihan pemakaian tablet oleh anjing adalah makanan.

Pelatih bernama Anna Jane tersebut menjelaskan bila salah satu cara pelatihan awal hewan bergigi runcing itu lewat pemberian selai kacang pada bagian layar tablet yang ingin disentuh oleh si anjing. Apabila si anjing berhasil, pelatih akan memberi reward atau hadiah berupa makanan.

Ternyata pelatihan penggunaan tablet dianggap penting untuk para anjing. Hal ini disampaikan oleh salah satu dokter hewan, Michael Farber. Menurut Farber, kegiatan menyenangkan yang menyibukkan anjing merupakan hal yang positif dan dapat meningkatkan respon mereka.

Uniknya, para anjing yang dilatih belum sekalipun merusakkan tablet iPad yang digunakan dalam kelas, meski iPad-iPad itu tidak dilindungi oleh casing tambahan. Layar iPad pun tidak mengalami goresan atau retakan parah, bahkan tergolong cukup bersih sehingga tidak perlu dibersihkan terlalu sering.

Pengguna iPad lain pun bisa mencoba pelatihan anjing ini di rumah. Cukup dengan mengunggah aplikasi bernama “Big Words” yang bisa diunduh dengan harga Rp 10 ribuan saja di App Store. Aplikasi ini memungkinkan anjing untuk mengetik huruf dalam ukuran layar penuh, PhoneArena (03/08).

Namun jangan langsung berpikir bahwa anjing kesayangan Anda akan langsung bisa menggunakan tablet, karena salah satu masalah sering membuat pusing pelatihan tablet adalah si anjing tidak mau merespon perintah majikannya.