EQUITYWORLD FUTURES – Saat menggunakan komputer di rumah, mungkin fungsi-fungsi yang bisa dilakukan cuma itu-itu saja. Tetapi jika itu adalah komputer paling cerdas di dunia, apa yang bisa dilakukannya?

Hingga tahun ini, ‘Tianhe-2′ masih tercatat sebagai komputer paling cerdas di bumi. Bayangkan, untuk membangunnya saja dibutuhkan hingga 1300 ilmuwan dan insinyur!

Komputer milik pemerintah China yang juga dibuat oleh universitas terkemuka di China itu mempunyai ‘otak’ atau CPU dengan jumlah inti yang bakal membuat Anda terkejut, jumlahnya mencapai 3.120.000 inti! Bandingkan dengan komputer rumahan yang hanya maksimal memiliki 7 atau 8 inti saja.

Dengan inti sebanyak itu, Tianhe-2 atau yang dalam bahasa Indonesia bernama Bima Sakti-2 mampu melakukan kalkulasi data hingga 33.860 triliun kali per detik, Tech Radar (13/12). Satu jam kalkulasi dari Tianhe-2 diprediksi sama dengan 1000 tahun kalkulasi yang dilakukan oleh seluruh warga China yang ada saat ini!

Pemerintah China yang mendanai proyek Tianhe-2 berharap bila komputer super itu dapat membuat Negeri Tirai Bambu tidak lagi bergantung pada teknologi luar negeri. Menurut Universitas Teknologi Pertahanan China, Tianhe-2 digunakan untuk mengembangkan aplikasi keamanan dunia maya milik pemerintah China.

Akan tetapi, banyak pihak memprediksi China akan menggunakannya lebih dari itu. Mengingat saat ini komputer-komputer super lain di dunia dipakai untuk berbagai keperluan strategis.

Komputer super Sequoia misalnya, komputer milik Amerika yang pernah menyabet gelar komputer paling cerdas di dunia itu saat ini dimanfaatkan untuk memperpanjang umur senjata nuklir dan melakukan eksperimen nuklir.