EQUITYWORLD FUTURES – Apple merilis Macbook paling tipis dan ringan sepanjang sejarah. Dengan layar retina 12 inci, laptop tersebut hanya berbobot 900 gram dengan ketebalan 13,1 mm.

“Inilah masa depan notebook,” kata Senior Vice President Worldwide Marketing Apple Philip Schiller, sebagaimana tertera pada situs resmi Apple dan dihimpun KompasTekno, Rabu (20/4/2016).

Schiller mengklaim MacBook kali ini tak hanya memukau dari segi desain, namun juga dari sisi performa. Antara lain menggunakan prosesor Intel Core M generasi keenam dengan kecepatan hingga 1,3 GHz.

Performa grafisnya pun dikatakan 25 persen cepat dengan menggunakan Intel HD Graphics 515. Begitu juga kecepatan penyimpanan data yang mencapai 1.866 MHz.

Baterainya dijamin tahan hingga seharian penuh dengan pemakaian standar. Untuk charging dan transfer data, MacBook terbaru menggunakan port USB-C.

Laptop mungil ini berjalan dengan sistem operasi OS X El Capitan dan didukung RAM 8 GB. Fitur-fitur yang dibenamkan antara lain “AirDrop” untuk transfer data cepat, “AirPlay” untuk menyambungkan laptop dengan Apple TV, serta fitur-fitur standar MacBook lainnya.

Apple sudah tersedia di situs resminya mulai 19 April kemarin. Varian warnanya ada gold, silver, abu-abu, dan rose gold. Harganya berkisar dari 1300 dollar AS (Rp 17 jutaan) hingga 1600 dollar AS (Rp 21 jutaan). Belum jelas kapan MacBook versi ini tersedia di gerai-gerai resmi di Indonesia.