Di acara konferensi tahunan Apple atau WWDC 2014 yang dimulai hari ini, apakah Apple telah siap memukau pengunjung dengan smartphone dan sistem operasi terbarunya?

Di gedung Moscone, yang terletak di San Francisco, AS, minggu ini iOS 8 dan iPhone 6 kabarnya akan siap diperlihatkan ke depan publik. Hal ini terlihat dari beberapa spanduk yang terpasang, salah satunya memang memajang gambar angka ‘8’ khas sistem operasi besutan Apple, The Verge (30/5).

iOS 8 ini akan mengusung beberapa fitur baru seperti Healthbook yang akan mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna yang terkait kesehatan. Misalnya, fungsi penghitung jejak kaki, detak jantung, tingkat air dan gizi tubuh, hingga kadar gula darah.

Selain itu, kabarnya Apple juga menyertakan update terbaru dari Apple Map dan fitur pembagi layar atau ‘Split screen‘ untuk iPad.

Menariknya, Apple juga menambah fitur pada Siri atau asisten pribadi berbasis suara milik Apple. Contohnya, Siri kelak bisa mengingatkan pengguna gadget Apple seputar cuaca setiap hari, tanpa disuruh sekalipun.

iPhone 6 pun diisukan akan ikut tampil dengan mengusung layar baru 4,7 inchi dengan ketebalan ‘hanya’ 6mm saja, dengan nama iPhone 6 Air. Tak mau kalah dengan Samsung, Apple juga akan menghadirkan phablet berukuran 5,5 inchi yang diberi nama iPhone 6 pro, PhoneArena (31/5).

Dalam acara WWDC tahun ini, Apple mungkin akan membawa sedikit kabar buruk untuk sektor PC dan laptop.

Mereka kemungkinan akan menunda launching MacBook Air 12 inchi yang dilengkapi dengan pemindai retina. Hal yang sama juga menimpa TV Apple terbaru yang dirumorkan menjadi penghubung ke semua perangkat rumah buatan Apple nantinya, Mashable (1/6).