EQUITYWORLD FUTURES – Seorang hakim di Amerika Serikat membebaskan Arab Saudi dari posisi terdakwa dalam tuntutan hukum keluarga korban serangan 11 September 2011.

Hakim George Daniels menyatakan tak cukup bukti yang bisa mengaitkan negara itu dengan serangan yang menewaskan lebih dari 3.000 orang di New York.

Bukti yang ditolak antara lain tuduhan dari seorang tahanan Amerika bernama Zacarias Moussaoui bahwa seorang pangeran Arab Saudi membantu pembiayaan serangan tersebut.

Moussaoui ditahan beberapa pekan sebelum serangan 11 September karena masalah imigrasi dan berada dalam penjara ketika serangan terjadi. Ia mengambil kursus penerbangan di Minnesota dan secara rutin dikirimi uang oleh afiliasi al-Qaida.

Saudi menolak tuduhan dari orang yang mereka sebut “penjahat gila” tanpa kredibilitas.

Ini merupakan kali kedua, Arab Saudi bebas dari kasus semacam ini. Tuntutan hukum ini diajukan terhadap perusahaan, negara dan organisasi yang dituduh membantu al-Qaida dan kelompok teroris lain.

Pengacara kasus ini kerap mengutip laporan Komisi 11 September yang menyebut Arab Saudi merupakan pendana utama al-Qaida.