EQUITYWORLD FUTURES – Pemegang saham PT Astra International Tbk (ASII) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menetapkan pembagian dividen Rp 7,1 triliun dari perolehan laba bersih perseroan di 2015 sebesar Rp 14,4 triliun.

Total dividen setara Rp 177 per saham dan telah dibayarkan pada 21 Oktober 2015 sebagai dividen interim sebesar Rp 64 per saham. Sehingga sisanya sebesar Rp 113 per saham akan dibayarkan pada 27 Mei 2016.

“Saham akan dibagikan kepada pemegang saham yang tercatat namanya dalam daftar pemegang saham perseroan pada tanggal 11 Mei 2016,” ujar Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security Astra International, Pongki Pamungkas dalam siaran pers kepada Kompas.com, Kamis (28/4/2016).

Setelah dibagikan untuk dividen dari total laba bersih yang diperoleh Astra International, sisanya sebesar Rp 7,2 triliun dibukukan sebagai laba ditahan.

Pergantian Direksi

Selain mengumumkan pembagian dividen, perseroan juga menyetujui pengunduan diri Kyoichi Tanada sebagai Komisaris Independen, Chiew Sin Cheok sebagai Komisaris, dan Simon Collier Dixon sebagai Direktur.

Pemegang saham juga mengangkat Michinobu Sugata sebagai Komisaris Independen, Adrian Teng Wei Ann sebagai Komisaris, Chiew Sin Cheok sebagai Direktur, John Raymond Witt sebagai Komisaris, dan Gidion Hasan sebagai Direktur.

Sekedar informasi, masuk dalam jajaran komisaris, Mari Elka Pangestu dan Muhamad Chatib Basri.