Awali Pekan, Rupiah Melemah di Atas Level 14.000

Awali Pekan, Rupiah Melemah di Atas Level 14.000

EQUITYWORLD FUTURES – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Senin (31/8/2015), melemah hingga kembali menembus level 14.000.

Data Bloomberg pukul 08.30 WIB menunjukkan, mata uang garuda berada di posisi Rp 14.015 per dollar AS, lebih lemah dibandingkan penutupan akhir pekan lalu pada 13.982,5.

Awal pekan ini rupiah bakal kembali diuji kekuatannya.  Kenaikan indeks dollar AS akan beradu kuat dengan peluang kembali masuknya dana investor asing melalui pasar keuangan.

Laju rupiah mampu berbalik menguat di akhir perdagangan pekan lalu seiring ekspektasi pelaku pasar terhadap laju dollar AS yang cenderung tertahan sejalan dengan belum akan dinaikannya Fed rate pada September.

Meski dari dalam negeri belum banyak sentimen positif namun, pelemahan rupiah yang sudah sangat dalam dan laju dollar AS yang sudah terlampau tinggi terhadap rupiah membuat pelaku pasar mencoba melepas dollar AS.

Di sisi lain, antisipasi dan harapan akan membaiknya data-data ekonomi dalam negeri yang akan dirilis pekan ini membuat mata uang garuda dapat menguat. Hanya harapan akan adanya pembalikan menguat yang dapat memberikan dorongan pada rupiah dari pelemahannya saat ini. Tetap waspadai jika laju rupiah kembali melanjutkan pelemahan.

Riset NH Korindo Securities menyatakan tetap perlunya mewaspadai berbagai sentimen. Laju rupiah di atas target resisten di Rp 14.100 per dollar AS. Rupiah diperkirakan berada di rentang Rp 14.035-14.100 per dollar AS. (kurs tengah BI).

ewfsmg

PERHATIAN!
Managemen PT. Equityworld Futures menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT. Equityworld Futures dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Equityworld Futures, bukan atas nama individu.