Akhirnya impian sejak 50 tahun lalu berhasil diwujudkan oleh Banjar Mumbul, Jimbaran Kuta Selatan. Impian tersebut adalah dengan membangun sebuah Bale Kulkul tertinggi sejagat. Bangunan bale setinggi 21 meter ini baru dipasang atap balenya.

Pemasangan atap bale yang dilakukan sejak pagi hari itu baru siang sekitar pukul 11.40 Wita berhasil ditempatkan lantaran bangunan yang sangat tinggi harus menggunakan alat dengan Crane. “Ini impian dari pendahulu kita untuk bisa membangun bale setinggi 21 meter. Untuk membangun ini kita butuhkan waktu hampir satu tahun,” papar Kelian Banjar Mumbul Made Suarma, Kamis (4/9).

Perancang dari bangunan ini sendiri adalah Nyoman Gelebet yang juga tokoh adat Banjar Mumbul dan seorang seniman. Sedikitnya anggaran untuk bangunan ini saat ini sudah mencapai Rp 500 juta lebih. “Harapan kita target sampai upacara nanti total bisa 600 juta,” jelas Suarma.

Nantinya saat upacara dan peresmian akan dilaksanakan enam bulan mendatang tepat saat hari Tumpek Wayang. Saat pemasangan atap bale ini, arus lalu lintas menuju Nusa Dua sempat dihentikan posisi banjar Mumbul persis didekat jalan.