Microsoft telah secara resmi meninggalkan para pengguna Windows XP di seluruh dunia. Namun bukan berarti jumlah pengguna Windows XP tinggal sedikit. Di negeri tirai bambu Cina, pengguna Windows XP ternyata masih terus menjadi platform nomor satu mengalahkan OS lainnya.

Data yang dikeluarkan oleh perusahaan analitik internet Cina, CNZZ pun mengungkapkan kalau pengguna Windows XP di Cina mencapai angka 50 persen. Jumlah tersebut pun jauh lebih tinggi dibandingkan pemilik komputer Windows 7 yang memiliki prosentase sebesar 30 persen.

Mereka pun menunjukkan bahwa tingginya pemakaian tersebut terjadi karena tingkat pembajakan software yang juga tinggi. Dengan kondisi tersebut, maka para pengguna Windows XP di Cina pun tidak mempermasalahkan tak mempermasalahkan hilangnya update update secara berkala dari Microsoft

Tentu saja hal ini pun sangat merugikan Microsoft sebagai pemilik dari sistem operasi Windows XP. Selain karena Cina menggunakan sistem operasi Windows XP yang seharusnya sudah expired, permasalahan diperparah dengan tingginya kasus pembajakan. Dan sepertinya, kasus seperti ini juga terjadi di tanah air.