Setelah beberapa waktu lalu LINE merayakan ulang tahunnya yang ke-3, kini sebuah gebrakan baru dilakukan LINE. Hari ini (26/6), secara resmi LINE mengumumkan peluncuran aplikasi keluarganya, yakni LINE Dictionary.

Apa itu LINE Dictionary?

Sesuai namanya, LINE Dictionary merupakan layanan kamus mobile yang baru-baru ini dikembangkan oleh Naver Corporation, yaitu sebuah perusahaan induk LINE Plus Corporation. Tujuannya jelas, dapat memudahkan para pengguna untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Untuk peluncuran pertama ini, LINE Dictionary hanya hadir untuk platform Android, sementara untuk iOS baru akan hadir dalam beberapa waktu ke depan.

Kamus LINE untuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tidak hanya menggunakan interface yang mudah digunakan tetapi juga menyediakan konten secara luas dengan lebih dari 200.000 kata-kata pokok, 410.000 contoh kalimat dan 50.000 audio files.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan pencarian kata menggunakan kelengkapan secara otomatis untuk definisi dan tanda-tanda fonetik.

Untuk penggunaan secara optimal, Kamus LINE menawarkan banyak fitur mudah termasuk terjemahan fungsi Text-to-Speech (TTS) dan sub-kamus, fitur tambahan yang secara cepat menampilkan definisi kata yang digunakan dalam contoh kalimat. Untuk mempermudah penggunaan layanan dan pemakaiannya, kamus LINE juga mengundang partisipasi seluruh pengguna untuk langsung menaruh terjemahan ciptaan sendiri yang digunakan sebagai contoh kalimat sehari hari.

Pada pengembangan yang terpisah, LINE baru saja memperkenalkan Official Account ‘IND-ENG translator’ yang memungkinkan layanan terjemahan secara bersamaan untuk seluruh pengguna LINE di Indonesia. LINE menawarkan layanan ini dalam enam bahasa yang berbeda dengan lebih dari 10 juta pengguna seperti penerjemah ENG-ESP untuk Bahasa Inggris dan Spanyol. Untuk dapat menggunakan layanan ini, pengguna dapat dengan mudah menambahkan Official Account ‘IND-ENG translator’ ke dalam daftar teman mereka.

Lantas bagaimana cara menggunakan penerjemah IND-ENG dengan teman Anda? Berikut caranya:

  1. Tambahkan @lineiden sebagai teman atau cari ‘IND-ENG translator’ pada daftar Official Account.
  2. Undang layanan terjemahan ke dalam percakapan grup dengan teman Anda.
  3. Seluruh kata yang diketik dalam Bahasa Indonesia di dalam percakapan grup akan secara langsung diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris dan sebaliknya.
  4. Gunakan percakapan Anda dengan layanan terjemahan yang tak terbatas secara gratis yang disediakan oleh LINE!