EQUITYWORLD FUTURES – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sudah menyiapkan struktur pengawasan pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak pada 9 Desember di tingkat pusat hingga tempat pemungutan suara (TPS).

“Sampai dengan H-3 ini, Alhamdulillah struktur kami sudah terbentuk sampai di tingkat TPS,” kata Ketua Bawaslu Muhammad, seusai acara ‘Rock The Vote’, di Universitas Indonesia, Depok, Minggu (6/12/2015).

Ia mengatakan, persiapan pengawasan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) hampir selesai 100 persen.

“Kami secara formal sudah menyiapkan struktur pengawasan dari pusat sampai dengan tingkat TPS, tapi itu akan sangat ditentukan oleh sinergitas yang kita bangun bersama antara pihak yang ada di dalamnya,” kata dia.

Muhammad menjelaskan, pengawas akan ditempatkan di setiap TPS pada tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, dan provinsi.

Meski struktur pengawasan sudah terbentuk, Muhammad meminta dukungan peserta dan masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pilkada.

“Kami berharap peserta pemilu, tim sukses, semua menghargai proses ini, memberi kepercayaan kepada penyelenggara untuk mengelola dengan baik,” kata Muhammad.

Ia juga menjamin netralitas Bawaslu dalam pilkada.

“Insya Allah kami netral, mandiri, dan tidak akan memihak kepada kekuatan politik mana pun juga,” ujar dia.