EQUITYWORLD FUTURES – Setiap akhir pekan, wisatawan kerap menyempatkan untuk berkunjung ke obyek-obyek wisata di sekitar tempat tinggal. Sebelumnya, mengetahui informasi terkait obyek-obyek wisata mutlak dilakukan oleh wisatawan.

“Traveling kan berbicara budget. Kita bisa mengetahui kita mau ke suatu tempat, bisa memastikan informasi low budget,” kata salah satu wisatawan yang datang pada acara “Dare to Share” di Taman Tanjung, Jakarta, Sabtu lalu.

Kegunaan informasi wisata juga memudahkan untuk mengembangkan destinasi tujuan. Sopie mengatakan dengan informasi tersebut, ia dapat mengeksplorasi destinasi dari sisi alam dan budaya. “Setelah tahu, kita bisa eksplor tempat-tempat yang anti mainstream,” katanya.

Selain itu, Sopie juga menuturkan bahwa informasi wisata juga terkait dengan jaringan ketika akan berwisata. Dengan berbekal informasi, jaringan antar wisatawan juga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan wisata.

“Kan kalau kita ke mana-mana suka berbekal peta, dengan jaringan wisatawan kita bisa tahu juga di mana tempat yang bagus,” ujar Sopie.

Wanita yang masih kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta ini menyimpulkan bahwa jika informasi wisata dapat memberikan dan memperkuat ide. Selain itu dapat pula memperluas cara berpikir dalam berwisata. “Pastinya ya menambah pengetahuan sebelum wisata. Supaya aman dan menyenangkan,” tutupnya.