EQUITYWORLD FUTURES – Jika kita membeli kendaraan sebaiknya kenali dulu spesifikasi mesin dan jenis bahan bakar yang dianjurkan. Hal itu demi perawatan mesin kendaraan dan kendaraan anda pun tidak sering masuk ke bengkel.

Pada jenis bensin ada yang disebut dengan angka oktan, yaitu? angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan di dalam mesin sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran bensin dan udara (berbentuk gas) bisa terbakar sendiri secara spontan sebelum terkena percikan api dari busi. Begitu pun kendaraan jenis motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan mesin itu sendiri agar kinerja mesin maksimal dan optimal. Bensin memiliki nilai oktan yang berbeda-beda. Nilai tersebut yang menjadi penentu pemilihan untuk bahan bakar motor.

Semakin tinggi angka oktan, harganya pun semakin mahal dan jangan lupa untuk mencermati spesifikasi motor dalam perbandingan rasio kompresi (CR). Bahan bakar bernilai oktan rendah lebih mudah terbakar. Sementara itu, semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi.

Bahan bakar bernilai oktan lebih tinggi, umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih. Dengan begitu, dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi, kecuali adanya modifikasi pada mesin. Penggunaan bahan bakar oktan rendah dapat menimbulkan gejala ngelitik (knocking) pada kendaraan dengan mesin beratio tinggi. Hal tersebut bisa dihindari dengan mengganti bahan bakar yang beroktan lebih tinggi.

Bila kita membeli kendaraan baru bahan bakarnya disesuaikan dahulu dengan angka oktan yang pas dengan kompresi kendaraan.Jika kita memiliki kendaraan kompresi yang mesinnya tinggi maka harus menggunakan oktan yang tinggi juga.

Untuk kendaraan berkompresi di bawah 9:1 masih dapat menggunakan Premium, namun untuk kendaraan dengan kompresi di atas 9:1 sebaiknya menggunakan Pertamax sedangkan kendaraan dengan kompresi di atas 10:1 ke atas sebaiknya menggunakan Pertamax Plus.

Biasanya angka oktan rekomendasi pabrik ini dicantumkan dalam buku manual dan dekat tutup tangki bensin mobil.