EQUITYWORLD FUTURES – Masalah pada kaca mobil cukup beragam. Contohnya, mulai dari baret, retak hingga paling parah adalah pecah. Jangan melulu langsung berfikir ganti kaca, karena semua permasalahan bisa diservis.

Kecuali situasinya parah, sampai pecah, tentu beli kaca baru merupakan salusi tunggal yang tersedia.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta Selatan, ada salah satu bengkel spesialis poles dan suntik kaca mobil baret yang bisa jadi alternatif. Adalah Glass Cleaner Dhika Auto Detailing di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Dhika pemilik bengkel menuturkan, masalah pada kaca mobil itu cukup banyak, misalnya, baret karena wiper dan karet power window yang sudah getas hingga timbulnya flek putih dan bergelombang.

“Semuanya bisa kita servis, tapi tergantung tingkat kerusakannya. Kita bisa servis hingga kondisi maksimal 95 persen,” ujar Dhika kepada KompasOtomotif, Senin (14/12/2015).

Mengenai harga, menurut Dhika berbeda-beda karena dilihat dari kerusakan. Misalnya, untuk baret karena gesekan wiper Rp 250.000, kaca samping Rp 125.000, masalah flek putih Rp 150.000 (depan), Rp 200.000 (belakang) dan Rp 100.000 (samping).

“Kalau untuk gelombang biasanya yang sering dikerjakan di kaca depan karena yang sensitif, dan biayanya Rp 450.000,” kata Dhika.

Proses Pengerjaan

Dhika melanjutkan, proses pengerjaan masalah pada kaca itu jika baretnya tidak terlalu dalam hanya menggunakan pasta yang sudah dirancang khusus. Ia membutuhkan waktu sampai dua jam untuk kaca depan dan belakang, tapi kaca samping lebih cepat.

“Pantangannya asal jangan terkena obat-obatan kaca saja. Kalau sudah menggunakan obat-obatan kaca akan kembali seperti awal lagi,” katanya.