EQUITYWORLD FUTURES – Gardan jadi komponen penting untuk kendaraaan, khususnya roda empat. Tanpa piranti ini mobil bisa dibilang tidak bisa berjalan, karena tidak ada yang meneruskan tenaga mesin ke poros roda.

Toko Sinar Jaya Motor, toko spare part bekas yang ditemui Otomania di Mega Glodok Kemayoran (MGK), menyediakan onderdil gardan untuk mobil Kijang yang sudah berusia tua, seperti misalnya Kijang Doyok, Super hingga Kapsul. Komponen yang dijual, kata Handoko pemilik toko, berstatus impor dari Singapura.

“Iya komponen ini eks-Singapura, kondisinya juga masih cukup bagus sekitr 90 persen mendekati baru. Jadi tidak perlu dikhawatirkan,” ujar Handoko kepada Otomania, Senin (21/12/2015).

Sebenarnya, lanjut Handoko, onderdil yang dijual tidak hanya gardan saja, tapi masih ada yang lainnya, seperti silinder head, transmisi dan komponen mesin lain. Namun, saat ini memang baru saja datang untuk gardan.

“Gardan Kijang ini dijual dengan harga untuk Rp 1,8 jutaan gigi 8,9, Rp 1,5 juta untuk gigi 10, sementara gardan gigi gigi 11 dijual sebesar Rp 1,2 juta. Ketika barang datang, tidak langsung dijual, tapi kami periksa terlebih dahulu, jika ada yang rusak maka kita kembalikan lagi,” ujar Handoko.