Sehari setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum, Joko Widodo kembali menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hari ini, Rabu (23/7), Jokowi kembali ngantor di Balai Kota.

Jokowi tiba di Balai Kota sekitar pukul 08.00 WIB. Mengenakan setelan jas warna hitam dengan dasi merah, Jokowi mengumbar senyum saat turun dari Toyota Innova. Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri. Sambil berjalan menuju ruang kerjanya, Jokowi menyalami beberapa pegawai termasuk petugas keamanan dalam.

Kedatangan Jokowi tidak disambut wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama yang sudah tiba lebih dulu di Balai Kota. Ketika Jokowi sudah berada di ruang kerjanya, Ahok menyusul turun dari lantai dua ruang kerjanya dan masuk ke ruang Jokowi. Selain Ahok, tampak Sekda DKI Saefullah dan Kasatpol PP DKI Kukuh Hadi Santoso yang masuk ke ruang kerja Jokowi.

Jokowi kembali aktif sebagai Gubernur sesuai Keppres Nomor 52/P Tahun 2014 tanggal 31 Mei 2014. Jokowi sebelumnya mengajukan cuti non aktif sebagai Gubernur DKI selama dia mencalonkan diri sebagai calon presiden, masa kampanye, hingga penetapan presiden terpilih.

Setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih, Jokowi bisa langsung aktif kembali sebagai gubernur dan tidak memerlukan keppres lagi.