EQUITYWORLD FUTURES – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan, pertemuannya dengan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komisaris Jenderal Syafruddin, Rabu (2/9/2015) siang, membahas sistem pendidikan polisi. Pertemuan berlangsung di Kantor Wakil Presiden Jakarta. Menurut Kalla, pembicaraan mengenai sistem pendidikan polisi ini menyusul pengarahan yang disampaikan Kalla kepada peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin (31/8/2015).

Kalla membantah kedatangan Syafruddin tersebut berkaitan dengan isu dicopotnya Komjen Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal. Syafruddin menemui Kalla di Kantor Wapres kurang lebih pukul 12.30 WIB. Ia tampak memasuki Kantor Wapres melalui pintu belakang dengan didampingi seseorang. Ia terlihat mengenakan pakaian dinas lengkap begitu memasuki Kantor Wapres.

Ada pun Syafruddin, sebelum menjabat sebagai Kalemdikpol pernah menjabat sebagai ajudan Jusuf Kalla pada tahun 2004 ketika mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono. Syafruddin kemudian menjabat Wakapolda Sumatra Utara pada tahun 2009, lalu Kapolda Kalimantan Selatan tahun 2010, dan sebagai Kadiv Propam Polri tahun 2012.

Ia terakhir menjadi Kalemdikpol pada tahun 2015 setelah posisi itu dijabat oleh Komjen Budi Gunawan yang diangkat menjadi Wakapolri.