EQUITYWORLD FUTURES – Produk yang berpotensi membahayakan keselamatan manusia, biasanya akan ditarik dari peredaran di pasar oleh produsennya. Demikian halnya dengan IKEA, yang menarik serial produk PATRULL karena menjadi penyebab anak terjatuh.

Menurut keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (12/5/2015), terdapat sejumlah laporan kepada IKEA, bahwa gesekan antara dinding dan pagar pengaman PATRULL KLÄMMA atau PATRULL SMIDIG dengan tekanan, kurang cukup untuk menahan pagar pada posisinya. Selain itu, batang logam bagian bawah dapat mengakibatkan bahaya tersandung bagi pengguna.

IKEA mengingatkan pelanggan untuk tidak menggunakan pagar pengaman dengan tekanan PATRULL KLÄMMA atau PATRULL SMIDIG di bagian atas tangga. Pagar pengaman dengan tekanan PATRULL KLÄMMA atau PATRULL SMIDIG aman digunakan hanya di antara pintu kamar atau di tangga bagian bawah.

Jika dipasang di tangga bagian atas, pagar dapat mengakibatkan bahaya terjatuh dan terluka. Terkait hal ini, IKEA telah menerima 3 laporan anak-anak terluka akibat jatuh dari tangga tersebut.

Pelanggan yang ingin menyimpan pagar pengaman PATRULL KLÄMMA atau PATRULL SMIDIG untuk digunakan di antara pintu kamar atau di tangga bagian bawah dapat menghubungi IKEA. Pihak IKEA akan memberikan panduan penggunaan dan label keselamatan yang sudah diperbarui untuk direkatkan pada pagar pengaman. Pemberian label ini bebas biaya.

Pelanggan yang ingin mengembalikan pagar pengaman PATRULL KLÄMMA atau PATRULL SMIDIG dengan cap tanggal 1510 (Tahun-Pekan) atau sebelumnya, dapat mengembalikannya ke toko IKEA mana saja untuk mendapatkan pengembalian dana secara penuh.

Unit ekstensin pagar pengaman PATRULL juga dapat dikembalikan untuk mendapatkan pengembalian dana secara penuh. Untuk mendapatkan pengembalian, pelanggan juga tidak perlu melampirkan bukti pembelian. Atas kejadian tersebut, IKEA memohon maaf akibat ketidaknyamanan oleh pelanggan.