EQUITYWORLD FUTURES – Interior hitam identik dengan kesan elegan. Banyak deretan produk entry level yang memasang warna hitam buat kabin seperti pelapis jok, door trim dan plafon. Contohnya adalah Daihatsu New Terios. Namun, varian yang sudah dibalut warna hitam menggunakan bahan fabric ini baru sebatas tipe tertinggi.

Nah, bagi pemilik Terios yang ingin mengubah tampilan kabinnya lebih elegan, solusi adalah dengan menganti lapisan pembungkus jok. Material pilihanya bahannya cukup banyak, tapi untuk menyesuaikan agar lebih berkelas, baiknya dengan model kulit sintetis berkualitas.

“Kebetulan Terios sudah hitam interiornya, jadi kalau mau lebih mewah tinggal ganti pakai leather premium saja,” ucap Felix Ali dari Soul Meds Leather saat disambangi KompasOtomotif kunjungi awal Juli lalu.

Menurut Felix, pilihan yang berkualitas bisa menggunakan keluaran MB Tech Carrera atau Camaro. Selain terlihat lebih elegan, kualitas materialnya juga cukup baik dan bisa tahan lebih lama.

Kalau mau dibikin sporty, lanjut Felix, bisa dimainkan dengan pola jahitan double stitch sebagai detailnya. Pilihan benang bisa warna merah atau kombinasi lain yang tetap selaras. Tapi biasanya warna hitam lebih mudah di mix dengan warna apa saja.

Jokkulit.com Ilustrasi jahitan pola double stitch

Selain sporty, keuntungan lain pola jahitan double stitch adalah lebih kuat. Agar lebih rapi prosesnya dilakukan dengan menggunakan mesin jahit yang bermata 2, jadi jalur jahitan terlihat harmonis dan sejaln. Bila ada yang tertarik bisa singgah ke bengkel Soul Meds Leather di MGK lantai 6.

“Untuk biaya itu kalau pakai Carrera sekitar Rp 4 juta, sedangkan Camaro Rp 2,7 juta. Proses pengerjaan untuk Terios bisa sampai dua hari,” ucap Felix.