EQUITYWORLD FUTURES – Bisnis pariwisata diyakini masih bisa survive di tengah perlambatan ekonomi nasional. Para pelaku jasa wisata di Jawa Tengah optimistis tingkat kunjungan wisata tahun ini tetap tumbuh positif.

Ketua Koperasi Jasa Pariwisata (Kopjapari) Agus Sumarno mengatakan, angka kunjungan wisata tahun ini menunjukkan tren yang positif. Kopjapari yang mengelola wisata Kampoeng Rawa, di Desa Bejalen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, mencatat kenaikan kunjungan wisatawan ke Kampung Rawa cukup signifikan.

“Tahun 2012 ada 70.563 pengunjung, 2013 sebanyak 244.742 pengunjung, dan 2014 kemarin mencapai 302.364 pengunjung. Tahun ini kami targetkan mencapai 450.000-500.000 wisatawan,” kata Agus, Rabu (3/6/2015).

Kampoeng Rawa menawarkan wisata alam, yakni pemandangan Danau Rawa Pening yang dilengkapi dengan resto apung, kolam pemancingan, rumah makan lesehan, serta beragam wahana permainan, meeting room, dan craft center.

Agus yakin, dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, target 500.000 pengunjung tersebut bisa dipenuhi.

Manajer Pemasaran Kampoeng Rawa Riana Dewi menambahkan, tahun ini pihaknya meluncurkan sejumlah program baru, di antaranya Boarding Pass True Value (BPTV) bekerja sama dengan sebuah maskapai penrbangan nasional, Progress Direct Advertising, dan fasilitas outbound.

“Program BPTV, bagi pengunjung yang bisa menunjukkan boarding pass Garuda akan mendapat diskon 10 persen di semua fasilitas Kampung Rawa. Juga beragam diskon lewat penjualan tiket Progress Direct Advertising seharga Rp 65.000,” imbuh Dewi.