Seringkali perut terasa lapar saat kita akan pergi ke gym atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Oleh karenanya banyak orang sering mempertanyakan bolehkah kita makan sebelum berolahraga?

Banyak orang takut memakan sesuatu sebelum berolahraga karena khawatir akan menyebabkan kram perut atau mengurangi efektivitas pembakaran lemak yang akan dilakukan.

Cynthia Sass, seorang ahli diet yang sudah terdaftar, menjawab pertanyaan bolehkah kita makan sebelum berolahraga; tentu boleh. Sass bahkan mengatakan bahwa melakukan latihan dengan perut kosong akan membuat tubuh membakar massa otot, bukan lemak.

Pembakaran jaringan otot tersebut tidak baik bagi siapapun yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk tubuh. Metabolisme tubuh justru dapat terganggu bila Anda tidak mengonsumsi apapun sebelum melakukan latihan.

Meski begitu Sass mengingatkan Anda untuk selektif dalam memilih makanan sebelum berolahraga. Jika Anda makan beberapa jam sebelum latihan, protein, lemak, dan serat bisa dikonsumsi. Tetapi jika waktu yang tersisa hanya sekitar satu jam, pilihlah semangkuk sereal atau buah saja.

Anda memang harus makan sebelum berolahraga, tetapi tidak perlu berlebihan. Jika Anda berencana untuk membakar 300 kalori, bukan berarti makanan yang dikonsumsi harus sejumlah itu juga. Makan secukupnya agar tubuh tidak terasa lapar dan tak berenergi.

Sesuaikan juga makanan Anda dengan durasi olahraga yang dilakukan. Jika Anda hanya akan melakukan olahraga atau latihan ringan selama beberapa menit, tak perlu menyantap sepiring nasi lengkap dengan lauk pauk.