EQUITYWORLD FUTURES – Para pemuda asal Banyuwangi yang menamai diri “Book Booster” berkeliling pelosok Banyuwangi untuk membagikan buku bacaan secara gratis.

Koordinator Book Boster Nurul Hikmah, Rabu (28/10/2015), menjelaskan, mereka berupaya mempermudah anak di pedesaan mendapatkan akses buku bacaan.

“Saat ini ada sekitar 20-an rumah baca yang tergabung dalam Komunitas Rumah Literasi Banyuwangi,” kata Nurul.

“Mereka sulit sekali mendapatkan buku bacaan untuk rumah baca mereka, sehingga kami berinisiatif membuat tim khusus ‘book boster’ untuk mengambil buku yang disumbangkan dan mengantar ke rumah baca-rumah baca yang membutuhkan,” paparnya.

“Biasanya yang memiliki buku bekas yang layak baca tidak tahu harus disumbangkan ke mana. Jadi kami ambil dan kami pilah masing masing sesuai dengan jenis bacaannya dan usia,” kata dia.

“Lalu kami antar ke rumah baca yang ada di desa desa. Dan ini sudah jadi agenda rutin,” sambung Nurul.

Selain itu, komunitas yang berdiri setahun terakhir ini juga sering membuka lapak baca gratis setiap hari minggu. Acara itu bertempat di ruang terbuka hijau di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

“Kami keliling. Kadang di Pantai Boom, di Taman Blambangan atau di desa desa. Kalau buka lapak buku gratis kami lakukan setiap hari minggu,” ujar dia.

Menurut Nurul, kegiatan tersebut dilakukan agar pemuda pemuda, khususnya di Banyuwangi bisa berbagi manfaat bagi orang lain.

“Pemuda adalah investasi luar biasa yang dimilik Indonesia dan kami harus mengambil peran sekecil apapun untuk mengisi pembangunan negara ini,” kata dia.

“Dan, kami mengambil peran di dunia literasi karena literasi sangat penting karena dasar dari sebuah pendidikan,” ujarnya lagi.