Dalam perhelatan WWDC 2014 yang diadakan di San Francisco, Tim Cook selaku CEO Apple menjelaskan banyak hal, salah satunya yang juga pernah dia lakukan di WWDC 2013 lalu adalah membandingkan iOS dengan Android.

Dalam penjelasannya tersebut, Cook mengatakan bahwa memang Android berjaya karena operating system yang dimiliki Google itu digunakan oleh banyak vendor, sedangkan iOS hanya digunakan oleh Apple saja.

Dikutip dari Business Insider (03/06), di depan para undangan yang menghadiri WWDC 2014 itu, Cook menjelaskan, “Banyak dari pengguna perangkat mobile berbasis Android mengganti gadget-nya. Mereka awalnya membeli Android dan akhirnya karena terlalu monoton, maka mereka mencari sesuatu yang beda dan lebih menarik. Mereka akhirnya beralih menggunakan iPhone yang di dalamnya terdapat iOS dengan segudang fitur.”

Cook juga menjelaskan bahwa para pengguna produk Apple mengupdate operating system mobilenya dengan yang baru (iOS 7) sesaat setelah perusahaan itu merilisnya ke publik.

“Berbeda dengan Android. Ketika KitKat dirilis, hanya sekitar 9 persen saja dari pengguna Android yang menggunakannya, sedangkan ketika iOS 7 dirilis sekitar 98 persen pengguna iPhone dan iPad memakainya,” jelas Cook.

Bahkan, menurutnya, banyak dari fitur yang dibawa serta ditawarkan Android adalah fasilitas kuno yang sudah ada di model-model sebelumnya.

“Beberapa di antaranya sudah ketinggalan zaman. Diibaratkan sebuah cerita zaman kuno,” jelas Cook disertai dengan derai tawa audience.

Selain mengomentari sisi fiturnya, Cook juga mengatakan bahwa tidak semua pengguna Android mendapatkan fasilitas baru dan tidak memperoleh update keamanan agar dapat membuat perangkat mobilenya tetap aman dari virus dan malware.

Cook juga mengutip penjelasan Adrian Kingsley-Hughes di ZDNet, “Fragmentasi Android justru membuat perangkat sangat rentan terhadap serangan malware.”

Memang apa yang dikatakan Cook ada benarnya, karena sampai saat ini, jumlah malware yang diciptakan rata-rata adalah digunakan untuk menyerang produk berbasis Android.