EQUITYWORLD FUTURES – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi satu-satunya perusahaan di dunia yang bergerak di bidang perbankan yang memiliki satelit dan mengoperasikannya sendiri.

Satelit yang dinamakan BRIsat ini bakal diluncurkan dan mengorbit pada 9 Juni 2016 mendatang.

“Mohon doa restu kepada masyarakat Indonesia, tinggal 9 hari lagi yakni pada Kamis 9 Juni 2016 kita akan memulai tonggak sejarah baru bagi dunia perbankan. Tidak hanya Indonesia, namun juga dunia di mana pertama kali ada bank yang punya dan mengoperasikan satelit sendiri,” kata Direktur Utama BRI Asmawi Syam dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Secara terperinci, BRIsat dijadwalkan meluncur ke orbit dengan menggunakan roket Ariane 5 milik perusahaan Arianespace pada tanggal 8 Juni 2016 pukul 20.30 UTC di Kourou, Guyana Perancis atau 9 Juni 2016 WIB.

Asmawi menjelaskan, semua pihak terkait sudah memastikan segala persiapan menyangkut peluncuran BRIsat beserta semua operasional pendukungnya sudah selesai seluruhnya.

BRI pun sudah membangun ground station atau stasiun pengendali di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

“Pengoperasian satelit dilakukan oleh putra-putri terbaik bangsa. Ada 53 orang yang akan mengoperasikan satelit, mengelola 45 transponder yang ada,” terang Asmawi.

Dalam mendesain satelit, BRI berupaya memaksimumkan filing satelit Indonesia di International Telecommunication Union (ITU), di mana salah satu filing satelit akan ditingkatkan statusnya dari Coordinated menjadi Notified.

Dengan demikian, BRIsat diharapkan menjadi solusi dalam menjaga kesinambungan filing orbit satelit 150.5 derajat BT.