EQUITYWORLD FUTURES – Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meminta mahasiswa jangan berorientasi menjadi pegawai negeri sipil (PNS) setelah tamat kuliah.

“Setelah tamat kuliah pulang ke kampung halaman jangan berpikir untuk jadi PNS, tetapi terus mengembangkan potensi diri dan menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya usai pertemuan dengan para mahasiswa asal Pulau Bangka di Kota Yogya, Selasa (23/2/2016).

Ia menjelaskan, para mahasiswa harus membuang pikiran bahwa setelah tamat kuliah harus menjadi PNS tetapi harus berpikir bagaimana bisa mandiri dan terus berdikari.

“Nanti setelah tamat kuliah, pulang ke Bangka kembangkan potensi diri, harus mandiri, berdikari dan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, mahasiswa memiliki cara pandang dan motivasi yang berbeda karena mereka memiliki intelektitas dan keahlian di bidangnya masing-masing.

“Tentu itu harus dimanfaatkan dan diaumbangkan kepada daerah, bukan mencari pekerjaan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan membantu daerah menekan angka pengangguran,” ujarnya.

Ia juga meminta dukungan mahasiswa menjadi gaet dan pemandu wisata untuk mempromosikan objek wisata unggulan daerah.

“Jadikan Yogyakarta satu dari gerbang masuk para wisatawan ke Pulau Bangka dan Belitung sehingga sektor kepariwisataan lebih maju mengingat objek wisata daerah memiliki potensi besar namun mesti didukung dengan promosi yang terus digencarkan,” ujarnya.