EQUITYWORLD FUTURES – Harapan pemain Malaysia, Lee Chong Wei untuk mendapat fasilitas wild card di kejauraan dunia, Agustus mendatang sirna setelah ditolak oleh federasi bulu tangkis dunia (BWF).

Penolakan ini diungkap oleh sekretaris asosiasi bulu tangkis Malaysia (BAM), Ng Chin Chai, Kamis (7/5/2015).  Ia menyebut pihak BWF secara resmi telah menolak memberi fasilitas wild card agar Chong Wei dapat bermain di kejuaraan dunia nyag berlangsung 10-16 Agustus mendatang.

Dalam daftar peringkat BWF, pekan ini, peringkat Chong Wei (46) memang berada di bawah  dua pemain Malaysia lainnya, Chong Wei Feng (31) dan Zulfadli Zulkiffli (41). Keduanya dipastikan lolos langsung ke Jakarta.

Namun Chong Wei masih berpeluang untuk memenuhi ambisinya menjadi juara dunia pertama asal Malaysia.  Ia sudah delapan kali ikut kejuaraan dunia, namun belum sekali pun menjadi juara.

Dengan konodisi ini, Chong Wei dapat ikut hanya apabila BAM mencoret salah satu pemain yang berperingkat di atasnya. BAM baru akan memutuskan masalah ini sebelum tanggal 14 Mei ini.

Pihak BWF mengaku kecewa dnegan keputusan BWF. “BWF tekah mengirim surat kepada kami namun mereka menyebut tidak dapat memberi fasilitas wild card kepada pemain tahun ini,”  kata Ng Chin Chai.

Lee Chong Wei baru bebas dari hukuman larangan bertanding selama delapan bulan pada 1 Mei lalu. Ia dijatuhi hukuman karena mengonsumsi zat terlarang saat mengikuti kejuaraan dunia di Kopenhagen, Denmark pada Agustus tahun lalu.