EQUITYWORLD FUTURES – Semua tipe All-New Innova kini dilengkapi dengan dua pilihan mode berkendara tambahan, Eco dan Power. Fitur ini merupakan jawaban pengembangan pada generasi kedua Innova atas keluhan konsumen soal konsumsi bahan bakar.

Pengemudi sekarang punya pilihan karakter berkendara yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Saat test drive All-New Innova di Bali, Kamis (3/12/2015),  Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor menjelaskan dengan sederhana ketika salah satu mode berkendara itu aktif maka bagian yang berubah hanya sistem pedal gas.

Pada Eco, perintah dari tekanan pedal gas tidak sama diterima mesin. Electronic Control Unit (ECU) bertugas mengurangi persentasenya sesuai kebutuhan. Hasilnya, respon pedal gas seperti melambat jadi gerak mobil tidak bisa agresif untuk memangkas pemborosan pemakaian bahan bakar.

Pada Power, ECU menambahkan persentase. Jadi rasanya meski pedal gas ditekan sedikit, mesin menerima perintah lebih besar. Pada saat ini mobil menjadi lebih responsif dan mau diajak bergerak lebih cepat.

“Karena komputer yang atur, tergantung rpm (putaran mesin) dan kecepatan berapa. Mengurangi atau menambah tekanan pedal gas kita tanpa kita sadari,” jelas Iwan.

Sejak generasi pertama, Innova sudah menggunakan sistem elektronik buka-tutup gas drive by wire. Namun kondisinya, ECU yang digunakan tidak bisa diaplikasikan mode berkendara. Pada generasi baru, selain menggunakan dua pilihan mesin baru diesel 2.4L dan bensin 2.0L dual VVT-i, Innova juga menggunakan ECU baru yang lebih dinamis.