Presiden terpilih, Joko Widodo menerima kunjungan CEO Citigroup Inc, Michael L Corbat, di Balaikota, Jakarta, Kamis (18/9).

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian roadshow bos Citigroup ke negara-negara Asia, di antaranya adalah Shanghai, Beijing, Taiwan dan Jakarta.

Michael L Corbat tiba di Balaikota sekitar pukul 10.30 WIB mengenakan batik coklat. Kedatangan Michael didampingi oleh CCO Citibank Indonesia, Tigor Siahaan, dan salah satu petinggi Citi Group ASEAN.

Jokowi mengenakan setelan jas lengkap saat menerima kedatangan Michael. Pertemuan hanya berlangsung sekitar 30 menit. Michael bungkam soal isi pertemuannya dengan presiden terpilih. Dia bersama rombongan langsung menuju mobil tanpa memberikan keterangan kepada wartawan. “Thank you,” singkat Michael usai bertemu Jokowi di Balaikota, Jakarta, Kamis (18/9).

Saat ini, kondisi Citigroup tengah goyah. Agustus lalu tercatat, laba Citigroup di Jepang kurang dari gaji CEO global mereka tahun lalu. Citibank Japan Ltd, meraih laba bersih 1,34 miliar yen atau USD 12,9 juta di periode tahunan yang berakhir 31 Maret padahal upah yang diterima CEO Michael Corbat di 2013 mencapai USD 14,5 juta. Oleh sebab itu, salah satu bank terbesar di AS itu berniat untuk menjual unit bisnisnya di Jepang.

Citigroup berniat keluar dari Jepang usai menarik diri dari bisnis retail banking karena return yang rendah termasuk di Spanyol, Yunani dan Turki.

Selain itu, Citigroup Inc. tengah menyiapkan initial public offering atas anak usahanya di bidang kredit konsumer, OneMain Financial Inc.

Dilansir Bloomberg, Sabtu (13/9), sumber menyebut IPO Citigroup dijadwalkan dilakukan akhir bulan ini. Mereka tengah menjajaki sejumlah pembeli potensial. Termasuk dari Asia.

Saham OneMain ditaksir bernilai USD 4 miliar. Sumber itu juga menyebutkan SpringLeaf Holdings Inc, yang lebih dulu go public tahun lalu, meminati saham OneMain.

Citigroup dilaporkan telah mengadakan pembicaraan dengan SpringLeaf dan sejumlah calon investor lain dalam beberapa bulan terakhir. Namun, sejauh ini pembicaraan tersebut masih dalam tahap informal.

Saat dikonfirmasi, juru bicara Citigroup Mark Costiglio dan Craig Streem, juru bicara SpringLeaf menolak menanggapi hal tersebut. Pada Mei lalu CEO Citigroup Michael Corbat mengatakan pihaknya bisa saja melepas OneMain melalui skema penjualan ataupun IPO pada akhir tahun ini ataupun awal 2015.

Dari Indonesia, kinerja Citi juga sempat mengalami hambatan ketika Bank Indonesia memberikan sanksi larangan mengeluarkan produk kartu kredit. Skors tersebut baru dicabut pada Mei 2013 dan Citi diperbolehkan lagi menerbitkan kartu kredit.