EQUITYWORLD FUTURES – Wilayah Administratif Hong Kong, China tersohor sebagai wilayah paling aman sejagat. Di sana warganya juga dikenal pekerja keras dan hidupnya lebih layak. Itu sebabnya pembunuhan di kota ini mendapat perhatian penuh walau korbannya hanya dua orang namun sangat sensasional lantaran jarang terjadi.

Korbannya salah satunya dari Indonesia bernama Sumarti Ningsih. Di Hong Kong dia menjadi pekerja seks komersial. Sumarti dibunuh oleh Rurik Jutting, lelaki asal Inggris, setelah merayakan hari kebangkitan arwah (Halloween).

Tak disangka, di negeri kelihatan adem ayem, tindak kriminal tetap terjadi. Kepolisian dinas kejahatan dan tindakan hukum mencatat ada beberapa kasus besar pernah membuat seluruh warga merasa ngeri.

Tiga bulan lalu warga Hong Kong diguncang pembunuhan dilakukan tersangka bernama Chau Hoi Leung dan temannya, Tse Chun Kei. Saking seramnya dua juri pengadilan bahkan tidak mau menghadiri persidangan saat mereka ada, demikian dilansir oleh surat kabar South China Morning Post (3/11).

Chau membunuh orang tuanya sudah sangat uzur. Tak hanya itu, tubuh mereka dipotong-potong, dibumbui, dan dimasak. Sementara cincangan tubuh lainnya ditemukan di apartemen Chau di wilayah Tai Kok Tsui. Bahkan polisi muntah-muntah saat kepala dan organ dua orang tua itu berada di lemari es.

Juri mengamuk lantaran para terdakwa mengaku tak besalah. Kasus ini masih di persidangan dan ditunda hingga Februari dengan menambah juri baru menggantikan dua juri yang ogah ketemu Chau serta rekannya.

Kasus lain, seorang lelaki bernama Li Tak Yan bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri pada Juni. Sekitar 12 jam sebelum mengakhiri hidupnya Li ternyata menembak tetangganya sendiri di wilayah Kowloon.

Kasus lain yakni seorang pasien penyakit mental ditahan lantaran membunuh pejalan kaki lewat dengan kursi. Dia melemparkan kursi itu dari kamarnya di lantai 10.

Satu lagi kasus kriminal tak terlupakan yakni pembunuhan susu kocok. Seorang warga Amerika Serikat Nancy Kissel membunuh suaminya, Robert pada 2003.

Nancy merasa suaminya tak cinta lagi tega meracuninya dengan memberikan obat di susu kocok kesukaan Robert. Dia bahkan menyuruh anak perempuannya itu memberikan gelas minuman tersebut.

Polisi juga mencatan 14 kasus bunuh diri pada tujuh bulan terakhir.