Jika Anda sudah cukup terkagum-kagum melihat gedung pencakar langit Burj Khalifa di Dubai yang menjulang hingga hampir 1 kilometer, maka bersiap-siaplah untuk semakin terperanjat. Karena China tengah menyiapkan pencakar langit yang akan nampak menggapai angkasa.

Proyek ‘gila’ tersebut telah disampaikan oleh sebuah studio desain asal London, Chestwoods. Dalam cetak biru yang ditampilkan, terlihat gedung raksasa tersebut akan mempunyai tinggi hingga satu kilometer penuh. Yang lebih mencengangkan, Phoenix Towers (nama dari gedung tersebut) akan dibuat di atas sebuah danau di daerah Wuhan, China.

Phoenix Towers terlihat memiliki menara ganda yang diklaim memiliki tinggi sama dengan Kingdom Tower yang kini tengah dibangun di Arab Saudi. Bedanya Phoenix Towers tidak akan digunakan untuk perkantoran layaknya Burj Khalifa ataupun Kingdom Tower. Gedung pencakar tersebut murni digunakan untuk sarana rekreasi hingga penghasil energi dan air berbasiskan teknologi ramah lingkungan.

Struktur Phoenix Towers

Hampir setengah dari bagian atas Phoenix Towers dipakai untuk cerobong panas yang dapat menghasilkan udara sejuk memanfaatkan sebuah sistem penyaringan tertentu. Studio Chestwoods melangkah lebih jauh dengan menambahkan panel surya dan turbin angin untuk menghasilkan energi listrik dalam skala besar.

Menariknya, bila Phoenix Towers selesai dibuat, pengunjung bisa menemukan tempat khusus untuk binatang dan pepohonan. Terdapat sistem pengolahan air hujan untuk menyediakan suplai air bagi hewan dan pepohonan yang ada di gedung tersebut.

Ternyata proyek ambisius ini juga mempunyai isu dampak lingkungan yang buruk. Karena menghabiskan sekitar 47 hektar lahan di danau Wuhan, pembangunan Phoenix Towers diperkirakan akan menghasilkan berton-ton lumpur yang mungkin menghancurkan ekosistem si danau tersebut, Gizmodo (17/6).