EQUITYWORLD FUTURES – Masyarakat sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyambut baik rencana pemerintah pusat membangun kawasan Chinatown dekat cagar budaya dunia itu. Chinatown diharapkan bisa meningkatkan sekaligus memperlama masa kunjungan wisatawan, khususnya mancanegara.

Hanya saja masyarakat meminta kepada pemerintah, Chinatown dibangun di daerah yang dekat dan berintegrasi dengan Candi Borobudur. Selain itu, insfrastruktur transportasi juga harus memadai agar wisatawan mudah mengakses kawasan wisata bertaraf internasional itu.

“Lokasi yang bagus untuk membangun Chinatown ya dekat sekitar Candi Borobudur, harus berintegrasi,” kata Hani Sutrisno, warga Desa Ngargodondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (15/4/2016).

Selain itu, menurut Hani, pengembangan dan pengelolaan Chinatown ke depan harus melibatkan masyarakat lokal. Sehingga masyarakat ikut menikmati hasil pengembangan pariwisata Candi Borobudur.

“Kami mendukung pembangunan chinatown, namun kami (masyarakat lokal) juga perlu dilibatkan pengelolaannya. Chinatown akan sia-sia kalau tidak ikut mensejahterakan masyarakat lokal,” ujar Hani.

Hani yang juga pendiri Desa Bahasa Ngargodondo itu berpendapat, Chinatown sebaiknya tidak hanya berisi rumah dan hotel saja namun juga kampus pendidikan dwi bahasa, cluster maupun homestay yang pengelolaannya ada ditangan masyarakat lokal.

“Sehingga wisatawan, khususnya Tionghoa, tidak hanya berwisata tetapi juga menginap sekaligus belajar bahasa Indonesia dan bahasa Jawa di Chinatown. Ada korelasi antara Chinatown dan Candi Borobudur,” papar Hani.

Kompas.com/Ika Fitriana Wisatawan Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah pada masa liburan Natal dan Tahun Baru, Kamis (24/12/2015).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Edy Susanto membenarkan bahwa Kementerian Pariwisata akan membangun Chinatown guna meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur.

Hanya saja, lanjut Edi, kawasan tersebut akan dibangun di wilayah Kota Magelang bukan di Kabupaten Magelang yang notabene sebagai letak Candi Borobudur berdiri.

Edi mengaku, kepastian tersebut sebagaimana dipaparkan oleh Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas, Kementerian Pariwisata dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengembangan 10 Destinasi Prioritas di Jakarta, 13 April 2016.

“Tim percepatan menyebut kalau Chinatown akan dibangun di Kota Magelang bukan di Kabupaten Magelang,” kata Edi, ditemui di kantornya, Jumat siang.