EQUITYWORLD FUTURES – Memasuki hari kesembilan, evakuasi jenazah penumpang dan puing pesawat AirAsia QZ8501 masih terkendala cuaca buruk. Hujan ringan berpotensi mengguyur lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat tersebut.

Kepala stasiun BMKG Pangkalanbun Lukman Sholeh membagi perkiraan cuaca daerah pencarian menjadi barat (sektor 1 dan sektor 4) dan timur (sektor 2 dan sektor 3). Perkiraan cuaca di dua bagian tersebut akan diperbarui setiap tiga jam sekali.

“Sektor timur berawan dengan hujan sedang dan lebat sedangkan di barat berawan potensi hujan ringan dan sedang di beberapa tempat,” kata Lukman Sholeh di Pangkalanbun Kalimantan Tengah, Senin (5/1).

Menurutnya kondisi cuaca di sektor timur yang perlu diwaspadai personel tim SAR gabungan di lapangan. Namun, pagi sampai siang masih memungkinkan untuk dimaksimalkan pencarian.

“Sektor timur yang lumayan jadi kendala, pencarian di sektor Barat yang bisa dioptimalkan. Pencarian di pagi ini bisa dimulai untuk pukul 10.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB,” terang dia.

Lanjut dia, kecepatan angin sampai 20 knot. Tetapi ada kemungkinan ombak sangat tinggi di lokasi pencarian tersebut.

“Kecepatan angin, sektor barat 10-20 knot dan timur kecepatan angin antara 15-20 knot. Tapi tetap kami waspadai kalau di daerah itu ada awan CB kerena bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang yang sekarang masih 2-3 meter,” ujarnya.