Warga Somalia sumringah merayakan Hari Raya Idul Adha. Mereka mendapat jatah daging qurban dari bangsa Indonesia untuk dunia.

Warga Daliban Village, Distric Afgoye, Region Lower Shabelle, Somalia nampak antri daging kurban yang dibagikan Tim Global Qurban untuk Somalia. Tim ini digawangi Andhika Purbo Swasono dan Erwin Santoso. Tim dibantu oleh relawan lokal.

“Mahad sanid, Indonesia!” ucap salah seorang warga usai menerima daging. Sebuah ucapan terima kasih warga Somalia atas perhatian bangsa Indonesia kepada mereka.

“Warga Daliban Village mayoritas adalah petani miskin. Sekarang mereka mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka, karena ladang mereka mengalami kekeringan, sehingga mereka tak bisa bercocok tanam,” ujar Andhika. Demikian keterangan pers dari ACT.

Misi pembagian daging qurban ke Somalia adalah misi ke-5 Global Qurban ACT. Kebutuhan pangan warga Somalia memang sungguh terasa.

Somalia adalah negeri yang dikoyak konflik bersenjata. Pemerintahannya tidak efektif. Negeri yang mayoritas warganya muslim ini terpuruk dalam kemiskinan panjang.

Selain konflik bersenjata yang memaksa sebagian warga sipil mengungsi, juga karena alamnya yang rawan bencana, utamanya bencana kekeringan.