EQUITYWORLD FUTURES – Penyakit diabetes saat ini menjadi penyakit yang mudah ditemui tidak hanya di tubuh mereka yang berusia tua namun juga muda. Gaya hidup yang tidak sehat dituding menjadi penyebab munculnya penyakit ini. Sayangnya, deteksi penyakit diabetes seringkali terlambat. Sehingga perawatan yang dilakukan menjadi tidak maksimal dan penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan total.

Namun ternyata menurut penelitian yang dilansir dari healthmeup.com, penyakit diabetes bisa dideteksi lewat serangkaian gejala di kulit. Berikut adalah tandanya.

1. Acanthosis nigricans atau leher kotor

 

Salah satu tanda munculnya penyakit diabetes yang bisa dilihat dari kulit adalah kotornya leher walaupun Anda sudah membersihkannya berkali-kali. Kondisi yang disebut dalam istilah medis sebagai Acanthosis nigricans ini umumnya terlihat di leher bagian belakang.

Tanda ini muncul sebagai akibat dari resistensi insulin yang berarti bahwa tubuh Anda tidak responsif terhadap insulin yang diproduksi. Akibatnya kadar insulin terus meningkat yang diiringi dengan meningkatnya kadar glukosa dalam tubuh.

2. Gatal

 

Jika Anda tiba-tiba merasa gatal tanpa mengerti sebabnya, sebaiknya Anda mengikuti tes untuk memeriksa diabetes. Sebab diabetes akan mengganggu kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan sehingga kulit Anda akan terasa kering dan gatal sepanjang waktu.

3. Tanda di kulit

 

Munculnya tanda di kulit seperti benjolan bisa menjadi tanda dari gejala resistensi insulin. Biasanya benjolan ini akan muncul di lipatan kulit dan semakin banyak iritasi yang terjadi menjadi penanda bahwa risiko akan munculnya penyakit ini juga semakin tinggi. Untuk itu, ketika Anda mengalami iritasi kulit secara tiba-tiba, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

4. Xanthelasma

 

Xanthelasma adalah munculnya tanda putih di kelopak mata atas. Jika Anda bisa mendeteksinya secara cepat, maka kesempatan Anda untuk sembuh dari penyakit diabetes semakin besar. Selain mampu mendeteksi diabetes, xanthelasma juga menjadi penanda dari munculnya penyakit kolesterol.

5. Granuloma annulare

 

Kondisi kulit yang disebut dengan granuloma annulare ini adalah munculnya ruam kulit yang tidak biasa di tubuh. Selain muncul secara tiba-tiba, ruam ini berbintik-bintik disertai dengan rasa gatal ringan. Jika bintik ini muncul secara terus-menerus, segera lakukan tes diabetes untuk mengetahui penyebab dibalik munculnya penyakit ini.

6. Vitiligo

 

Dalam kondisi ini, muncul bintik-bintik putih yang terlihat di kulit. Vitiligo akan muncul karena sistem kekebalan tubuh yang hancur karena penyakit diabetes.

7. Infeksi kulit berulang

 

Karena penyakit diabetes mampu menurunkan sistem kekebalan seseorang, maka selain memunculkan penyakit vitiligo, diabetes juga mampu memunculkan infeksi kulit yang berulang. Mereka yang menderita diabetes cenderung untuk mendapatkan infeksi kulit seperti munculnya bakteri, jamur, maupun bisul. Dan selain muncul di area luar, infeksi kulit juga bisa menyerang di tubuh bagian dalam.

Itulah beberapa tanda penyakit diabetes yang bisa terlihat melalui kulit. Oleh karena itu segera periksa kulit Anda. Apakah Anda mengalami tanda-tanda yang mencurigakan atau tidak?