EQUITYWORLD FUTURES – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair tahun ini akan diselenggarakan lebih lama, yakni selama 38 hari. Marketing Director PT Jiexpo Kemayoran, Ralph Scheunemann menjelaskan, Jakarta Fair 2015 diselenggarakan mulai 29 Mei hingga 5 Juli 2015.

“Penyelenggaraan Jakarta Fair maju satu minggu karena adanya bulan Ramadan. Tanggal 2 Juni hari raya Waisak, juga tanggal merah, jadi Jakarta Fair akan di-boom (dipenuhi) pengunjung,” kata Ralph, dalam konferensi pers, di JIexpo Kemayoran, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Karena penyelenggaraannya juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, JIexpo menyediakan musala di tiap hall agar pengunjung bisa menunaikan ibadah salat. Di depan panggung utama juga disiapkan venue untuk shalat berjamaah.

Ada pun sebanyak 2.700 perusahaan peserta yang tergabung dalam 1.500 stand di Jakarta Fair 2015. Berbagai produk yang akan dipamerkan seperti mobil, sepeda motor, furniture, lighting fixtures, handycraft, produk jasa, produk kerajinan telekomunikasi, multimedia hingga perbankan.

Tahun ini, lanjut dia, pihaknya menambah luas area pameran dengan membangun hall baru yakni Hall B3 dan C3 seluas 10 ribu meter persegi. Hall baru ini akan diisi stand-stand pameran multiproduk, fashion, peralatan elektronik dan anjungan BUMN, Pemprov dan Pemkab dari seluruh Indonesia. Khusus untuk Pemprov DKI, akan menempati anjungan tersendiri yaitu di Hall C1.

“Sehingga ditargetkan event ini akan dikunjungi 5 juta orang dengan total transaksi mencapai Rp 5 triliun,” kata Ralph.

Beberapa artis ibu kota juga akan memeriahkan penyelenggaraan Jakarta Fair, seperti Slank, Agnez Monica, Iwan Fals, Godbless, Sheila On 7, dan lain-lain. Sementara harga tiket yang diterapkan sama dengan penyelenggaraan Jakarta Fair tahun sebelumnya.

Setiap harinya, Jakarta Fair akan dibuka mulai pukul 15.30-22.00 WIB dengan harga tiket Rp 20 ribu untuk hari Senin dan Rp 25 ribu untuk hari Selasa hingga Kamis. Sementara pada hari Jumat-Minggu tiket dijual seharga Rp 30 ribu. Khusus untuk Sabtu dan Minggu, Jakarta Fair akan dibuka pukul 10.00-23.00WIB.

“Banyak orang-orang yang mengeluh mahal dengan harga tiket, Rp 25-30 ribu. Tapi dengan harga itu, banyak sekali yang akan didapat, konser hiburan, disakon belanja, dan sebagainya,” kata Ralph.